pulsa-logo

Qualcomm Bersiap Rilis Snapdragon 845, Processor High-End Dengan Proses 7nm


Nariswari

Senin, 08 Mei 2017 • 14:19

Qualcomm , Rilis Snapdragon 845, Processor High-End,


Foto: phonearenaFoto: phonearena

Bulan lalu, beredar kabar  bahwa Samsung dan TSMC sedang  melakukan pendekatan  ke Qualcomm. Kedua perusahaan tersebut berharap bisa ditunjuk sebagai produsen chipset Qualcomm unggulan berikutnya yang diperkirakan akan disebut Snapdragon 845. Dengan menggunakan proses 7nm, SoC  generasi  terbaru ini diprediksi akan diperkenalkan oleh Qualcomm di tahun depan. Processor  Snapdragon 845 ini akan dijalankan di handset high-end, dan beberapa rumor menyebutkan salah satunya adalah  Samsung Galaxy S9 adalah smartphone  pertama yang akan menjalankan processor tersebut.

Dilansir dari  Phone Arena, desas-desus tentang Qualcomm  sedang menggarap  chip tersebut sebenarnya  mulai berhembus sejak  Samsung akan kembali ke kerangka waktu regulernya dalam memperkenalkan  smartphone andalannya. Kemungkinan besar, Samsung akan memperkenalkan  smartphone seri Galaxy  andalan terbarunya  di tahun depan, tepatnya  di event  MWC 2018 yang akan digelar tanggal 26 Februari - 1 March 2018 di  Barcelona, Spain.

Chipset lain yang akan diproduksi dengan proses 7nm tahun depan yang akan menjadi tandingan sengit dari  processor Qualcomm Snapdragon 845, adalah  prosesor Kirin dari Huawei, chip MediaTek hingga chipset buatan Nvidia.

Chip high-end saat ini, seperti Snapdragon 835, diproduksi dengan menggunakan proses 10nm. Dengan menggarap prosesor menggunakan teknologi 7nm tentu akan membuat kinerjanya meningkat sebesar 25% hingga 35%. Proses produksi 7nm yang digunakan juga akan memperkecil dimensi atau ukuran dari chip bersangkutan yang secara tidak langsung juga akan berdampak pada desain smartphone yang akan jadi kian ramping.

Pekan depan, Qualcomm diperkirakan akan memperkenalkan chipset kelas menengah terbarunya yang disebut Snapdragon 660. SoC ini diperkirakan akan ditemukan di dalam seri Samsung Galaxy C generasi terbaru, Xiaomi Redmi Pro 2, Xiaomi Mi Max 2, Oppo R11 , Vivo X9s Plus dan Nokia 7 serta Nokia 8.

Snapdragon 660 memiliki empat core Cortex-A73 yang berjalan pada clock speed 2.3GHz, dan dibangun dengan  empat core Cortex-A53 yang berjalan pada clock speed 1.9GHz. Chip grafis yang mendukung  Snapdragon 660 adalah  Adreno 512 GPU serta adanya dukungan  modem X10 LTE . Rapid recharging disiapkan dengan fitur Quick Charge 4.0 yang bakal dilengkapi pula dengan dukungan RAM LPDDR4X 1866 MHz serta memori flash UFS 2.1. (Nariswari)

Sumber