pulsa-logo

WhatsApp Tambahkan Enkripsi di iCloud


Nariswari

Selasa, 09 Mei 2017 • 11:38

WhatsApp


Aplikasi olah pesan paling populer, WhatsApp, diam-diam telah mengupgrade fitur keamanan pada fitur backup iCloud-nya yang memungkinkan untuk mengenkripsi backup iCloud.

Sejatinya, opsi enkripsi backup iCloud telah ada selama berbulan-bulan yang lalu, namun mulai terbuka setelah sebuah perusahaan dengan nama Oxygen Forensics berhasil mem-bypass-nya.

Situs PhoneArena dalam laporannya menyatakan metode ini melibatkan akses ke kartu SIM dengan nomor yang digunakan oleh pengguna WhatsApp untuk verifikasi dan menghasilkan kunci enkripsi. Data WhatsApp terenkripsi yang diunduh dari iCloud  menghasilkan kunci enkripsi dan melewati proses verifikasi.

Dengan demikian, metode ini bisa digunakan oleh penegak hukum jika memang terjadi  tindakan kriminal, dan  perangkat tersebut bisa mengungkap modus kejahatan. Jadi meski  akun WhatsApp di dalamnya telah dihapus, namun backup iCloud masih tetap ada di dalam perangkat.

Hal inilah yang kemudian dikhawatirkan banyak orang, jika  data enkripsi tersebut dibuka oleh  perusahaan yang tidak bertanggung jawab, dan itu  tentu  bisa menjadi  masalah bagi WhatsApp. Selain itu, WhatsApp selama ini  dikenal melindungi data pengguna terhadap pelanggaran atas pengintaian yang dilakukan oleh pemerintah dan menolak menyerahkannya ke pihak berwenang.

So, jika Anda khawatir, untuk bisa menghindari celah ini cukup dengan menonaktifkan iCloud backup. (Nariswari)

Sumber