pulsa-logo

APKOMINDO Siap Cetak SDM TIK Andal, Caranya ?


Fauzi

Selasa, 09 Mei 2017 • 13:20

Transformasi Digital


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah menjalar ke berbagai bidang. Hampir semua lini usaha dan industri telah memanfaatkan TIK dalam menjalankan usahanya. Tak ayal penggunaan TIK pun mampu menumbuhkan perekonomian. Namun begitu, sayangnya pertumbuhan ekonomi digital ini tidak dibarengi dengan ketersediaan SDM bidangTIK yang andal.

Sejurus dengan itu, guna memenuhi kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) TIK yang mumpuni, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (APKOMINDO) menjalankan satu program yang diberi nama APKOMINDO EXCELLENT CENTER (AXC). Program ini merupakan kontribusi nyata terhadap peningkatan kapasitas masyarakat agar semua orang dapat meningkatkan mutu kehidupannya melalui pemanfaatan TIK yang baik dan terarah.

Septriana Tangkary, selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, menekankan pentingnya pembelajaran TIK bagi siswa sekolah. Selain itu, Septriana juga mengingatkan agar tidak terpengaruh dengan berita-berita Hoax, apalagi sampai ikut menyebarkannya.

“Maraknya kejahatan siber juga dikarenakan minimnya pengetahuan akan TIK, sehingga tanpa disadari kita sering memposting data pribadi ke media sosial,” tandasnya di acara peluncuran program AXC belum lama ini.

Adapun untuk aktivitas awal rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat, yakni penyelenggaraan pelatihan bagi 60 guru SMP dari Kota Depok dan sekitarnya dengan tema Membangun Infrastruktur E-Learning di Sekolah pada tanggal9 sampai dengan 18 Mei 2017.

Acara ini satu rangkaian dengan Peluncuran Program AXC yang diselenggarakan pada Senin, 8 Mei 2017. Program pelatihan ini berisi tentang: pengenalan dan pembuatan konten e-learning bagi guru mata pelajaran non TIK serta Pelatihan Pembangunan dan Optimalisasi infrastruktur e-learning di Sekolah bagi guru yang bertanggungjawab di bidang TIK dan sarana pendidikan.

Dengan program-program kerja yang telah disusun, APKOMINDO berharap SDM TIK memiliki kompetensi untuk membantu terwujudnya pemerataan teknologi diseluruh wilayah.


“Semoga kehadiran APKOMINDO Excellent Center dapat memberikan kontribusi maksimal demi kemajuan industri TIK Indonesia dengan menghasilkan tenaga-tenaga terampil yang kompeten di industri teknologi informasi dan komunikasi,” tulis AXC dalam keterangan resminya.