pulsa-logo

Gandeng Kampus, iCIO Community Dukung Indonesia Menuju Ekonomi Digital


Fauzi

Selasa, 09 Mei 2017 • 16:03

Ekonomi Digital


Disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) menandatangani MoU dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Universitas Bina Nusantara (Binus).

Penandatanganan kerja sama yang mengambil momentum Hari Pendidikan Nasional 2017 ini bertujuan untuk meningkatkan program pendidikan digital serta memperkuat relasi dunia bisnis dan pendidikan dalam membangun talent pipeline di bidang teknologi komunikasi dan informasi (TIK) di Indonesia.

Seperti dikatakan Rudiantara, Kementrian Komunikasi dan Informatika menyambut baik penandatanganan MoU antara iCIO Community, FTUI dan Binus.

Lebih jauh, Menteri yang kerap disapa Chief RA ini juga menilai kerjasama antara dunia usaha dan pendidikan sangat penting untuk membangun daya saing Indonesia di masa depan Indonesia. 

“Kesepakatan kerjasama ini juga selaras dengan rencana pemerintah dalam pengembangan ekosistem digital untuk mendukung terealisasinya misi Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020 yang dicanangkan pemerintah baru-baru ini. CIO memiliki peran kunci mendukung kecepatan dan ketepatan langkah suatu organisasi baik,” tandas Chief RA.

Sementara itu, Ongki Kurniawan, selaku Sekretaris Jenderal, iCIO Community mengatakan era digital membuka kesempatan kerja yang luas namun hampir semua CIO yang menjadi anggota iCIO Community mengaku kesulitan merekrut SDM yang memiliki skill dan pengetahuan digital yang cukup. Hal ini tidak hanya dialami pelaku bisnis di Indonesia melainkan juga di seluruh dunia.

“iCIO Community ingin bekerjasama dengan institusi pendidikan tinggi untuk membantu mahasiswa meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya sehingga lebih siap terjun di industri yang berkembang sangat cepat ini. Kami sangat senang bekerjasama dengan FTUI dan Binus melalui berbagai program untuk membangun digital talent,” lanjut Ongki.


iCIO Community akan bekerjasama dengan FTUI dan Binus dalam pengembangan kurikulum, penyediaan informasi kesempatan praktik kerja di perusahaan-perusahaan di mana para anggota iCIOCommunity bekerja, guest lecture hingga kegiatan penelitian. iCIO Community juga akan mendorong kerjasama dunia bisnis dengan perguruan tinggi dalam inovasi digital yang ditujukan untuk membantu transformasi digital di lingkungan bisnis di Indonesia.

Kerjasama iCIO Community dan FTUI telah dimulai sejak satu tahun yang lalu melalui program iCIO Contribute dengan menghadirkan para CIO untuk membagi pengetahuan dan pengalaman terkait berbagai praktik-praktik teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di lingkungan bisnis dan Focus Group Discussion untuk membahas Lima Tantangan Ekosistem TIK Indonesia bagi para CIO. Melalui MoU ini kedua belah pihak juga sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama tersebut.