pulsa-logo

Apple Rajai Segmen Wearable Device di Q1 2017


Fauzi

Selasa, 09 Mei 2017 • 17:48

Apple Watch


Seperti halnya pasar smartphone, persaingan di segmen wearable device juga tergolong cukup sengit. Pasalnya, selain diisi oleh pembesut perangkat papan atas, pemain di segmen ini juga terus berdatangan.

Berdasarkan laporan terbaru Strategy Analytics, sebagaimana dilansir DigiTimes disebutkan pengapalan global wearable device di Q1 2017 telah menyantuh angka 22 juta atau meningkat 21% dari 18,2 juta unit pada tahun sebelumnya.

Dalam laporan ini juga disebutkan bahwa terjadinya peningkatakan angka pengapalan wearable device dipicu oleh permintaan yang kuat untuk model smartwatch baru di Amerika Utara, Eropa Timur, dan Asia.

Adapun jika bicara mengenai vendor mana yang memberi kontribusi tertinggi terjadinya peningkatan pengapalan wearable device, Apple ternyata bertengger di posisi teratas. Secara global Apple dilaporkan berhasil mengapalkan 3,5 juta unit wearable device. Tak ayal pembesut iPhone ini juga berhasil meraih peningkatan angka pengapalan tahunan sebesar 59%. Secara umum, pada Q1 2017 Apple berhasil merai pangsa pasar 15,9%, melampaui Fitbit dan menjadi vendor teratas di dunia untuk segmen wearable device.

Satu strip di bawa Apple, Xiaomi dengan jumlah pengapalan 3,4 juta unit (15,5 % pangsa pasar) menjadi vendor kedua terbesar di segmen wearable device untuk Q1 2017.

Sementara Fitbit justru menunjukkan penurunan angka pengiriman produknya. Di kuartal yang sama Fitbit disebut mengapalkan 2,9 juta unit atau memperoleh 13,2% pangsa pasar. Keterlambatan masuk ke pasar yang sedang berkembang perlambatan permintaan merupakan diindikasikan sebagai pemicu turunnya angka penjualan produk Fitbit hingga 36% di Q1 2017.

Sumber: Digitimes