pulsa-logo

Berkali-kali Gagal, Microsoft Isyaratkan Kembali ke Bisnis Smartphone


Nariswari

Rabu, 10 Mei 2017 • 10:29

Windows 10


Upaya Microsoft bersaing di pasar smartphone lewat platform Windows Phone beberapa waktu lalu harus kandas lantaran kalah bersaing dengan Android dan iOS. Kini, menurut kabar terbaru Microsoft disebut-sebut siap kembali masuk ke bisnis smartphone. 

Bakal kembalinya raksasa software ke jalur persaingan smartphone, diutarakan oleh orang nomor satu di perusahaan ini. Dalam sebuah wawancara di media  lokal di India, CEO Microsoft, Satya Nadella, mengisyaratkan bahwa perusahaan akan kembali menggarap smartphone terbarunya , namun dengan tampilan yang sama sekali berbeda.

Absen sekian lama, mungkin ada anggapan Microsoft telah mundur dari bisnis smartphone. Akan tetapi, anggapan tersebut sepertinya salah. Setidaknya pernyataan dari Satya Nadella di atas mengisyaratkan bahwa Microsoft akan “comeback”  ke bisnis smartphone dengan memberikan sebuah revolusi baru.

"Jadi ketika Anda mengatakan kapan kami akan membuat smartphone baru,  saya yakinkan pada Anda bahwa kami akan menggarap smartphone generasi terbaru. Akan tetapi smartphone terbaru  kami itu mungkin tidak terlihat seperti ponsel yang ada hari ini,” ungkap Satya Nadella seperti dilansir HindusTimes.

Lebih jauh Nadella mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki mitra OEM seperti HP yang akan membuat ponsel yang sangat spesifik berfokus pada manajemen, keamanan, dan fitur khusus yang  disebut Continuum, yaitu smartphone yang bisa difungsikan sebagai sebuah desktop.

Microsoft sempat  “jeda” dan terkesan menarik diri dari bisnis penggarapan smartphone sejak terakhir mereka meluncurkan  smartphone merek Lumia tahun lalu. Sebagai gantinya, Microsoft mengatakan akan fokus untuk meningkatkan ekosistem  Windows 10 Mobile for OEM.

Namun, sejak itu tidak pernah dikatakan secara eksplisit bahwa Microsoft akan secara permanen beralih bisnisnya dari smartphone ke bisnis lainnya. Karena nyatanya rumor dari waktu ke waktu menunjukkan bahwa Microsoft akan segera merilis smartphone Surface.


Dan perlu Anda ketahui, SatyaNadella telah lama memperjuangkan terwujudnya Continuum sebagai fitur stand-out pada Windows 10 Mobile. Menariknya, fitur Continuum saat ini tersedia di Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 +. (Nariswari)

Sumber: HindustanTimes