pulsa-logo

CHiP, Anjing Pintar yang Bisa Mengerti Suara Manusia


Arief Burhanuddin

Kamis, 11 Mei 2017 • 11:34


 

CHiP (Canine Home intelligence Pet), merupakan produk mainan robotik terbaru dari WowWee. CHip merupakan robot anjing yang bisa berinteraksi dengan kita dan mempelajari sesuatu. CHiP tentunya mengingatkan kita pada robot sejenis yang dibesut Sony beberapa waktu lalu yaitu Aibo. NAmun yang menarik, CHip ini dibanderol hanya sepersepuluh kali harga Aibo.

 

CHiP memiliki panjang 9,3 inci dengan tinggi sekitar 8.7 inci. Bobotnya 2,53 pound atau sekitar 1,1 kilogram. 

 

CHiP sendiri bisa dikendalikan melalui smartphone dengan mengisntal aplikasi CHiP terlebih dahulu. Selian memduahkan Anda untuk menjalankan CHiP, aplikasi ini juga membantu Anda mempelajari lebih dalam tentang fitur-fitur yang ada di CHiP.

 


Paket penjualannya tergolong rapi dan aman. Tidak ada ruang yang menyebabkan isi kardus terguncang karena semuanya sudah dijepit secara aman dengan moulding plastik dan diselotip. 

 

Isi paket

- CHiP

- Kabel charger

- Smartbed (dudkan pintar)

- Smartball (bola pintar teman bermain CHiP)

- Smartband

- Buku manual

- Pengaman roda

- Obeng

 

 

Desain

CHiP didesain cukup rapi dengan pemilihan warna minimalis. HAnya ada warna hitam, dominan putih, dan biru yang membuatnya malah tampil futuristik. 

 

Untuk menyalakannya, Anda harus mengubah switch di bagian atas perut ke posisi on. Sekali menyala, Anda sudah bisa langsung memainkannya. 

 

Satu yang menarik dari CHiP adalah mekanisme penggeraknya. CHiP menggunakan roda yang disebut sebagai mecanum wheels yang menjadikannya bisa bergerak ke sagala arah, termasuk ketika ia sedang bermain dengan bola. 

 

Tanpa pengaman roda, CHiP bisa bermanuver dengan baik. Meski demikian, buku panduannya mengatakan bahwa sebaiknya saat dugunakan, pengamna roda dalam keadaan terpasang. 

 

Di bagian depan CHiP terdapat lingkaran abu-abu yang ternyata dilengkapi dengan sensor. Selain dapat melakukan interaksi, bagian tersebut juga membuat bola pintar yang menjadi teman CHiP akan tetap melekat selama tidak dimainkan. 

 

Mata CHiP bisa berubah-ubah sesuai mood yang ingin ia tunjukkan. Saat marah, ia akan memberi warning dengan sinar warna merah. Saat mendengarkan perintah Anda, ia kaan mengeluarkan warna hijau. 

 

Fitur

CHiP menggunakan BeaconSense system, sehiangga ia bisa merasakan lingkungan sekitarnya. CHiP juga mengandalkan teknologi pengenal suara sehingga ia bisa melaksanakan perintah dari suara. 

 

CHiP juga dilengkapi dengan accelerometer dan giroskop. CHiP juga bisa merespon sentuhan di bagian kepala. Misalnya, jika Anda mengusap-usap bagian kepala, CHiP akan menunjukkan gestur senang. 

 

Perintah Suara

 

Untuk melakukan perintah suara , Anda pertama-tama harus meregistrasikan suara Anda agar dapat dikenali oleh CHiP. Setelahnya, Anda bisa mengawali [erintah dengan mengatakan "Hey CHiP!". Cobalah uintuk mengatakannya diikuti dengan perintah seperti "Sit Down" atau "Yoga".

 

Smartball

 

Dalam paket penjualannya, CHiP dilengkapi dengan smartball yang ditenagai oleh baterai AAA sebanyak 4 buah.

 

Jika Anda menyalakannya,s ecara otomatis CHiP akan meresponnnya. Berbgaai perintah bisa Anda lakukan agar CHiP bisa bermain-main dengan bola pinternya tersebut.

 

Smartband

 

Smartband atau gelang pintar berisi pintasan-pintasan untuk mempermudah Anda mengendalikan CHiP. Tombol navigasi 4 arah membuat Anda bisa menggerakkan CHiP ke arah yang Anda inginkan. Jika memencet tombol "like", berarti Anda sedang mengapresiasinya karena melakukan sesuatu yang Anda anggap bagus, dan CHiP akan meresponnya dengan gestur yang menarik. Tombol "Follow" membuat CHiP akan mengikuti kemanapun Anda pergi. 

 

Smartbed

 

Paket terakhir dari CHiP adalah smartbed. Asesoris ini berfungsi sebagai dock charger untuk mengisi daya. Jika tenaga CHiP mulai habis, ia secara otomatis juga akan menyambangi smartbed dan encharge dirinya sendiri. 

 

Aplikasi

 

Aplikasi Wowwee dapat diinstal di smartphone. Kami mencobanya menggunakan smartphone berbasis Android. Selain mempunyai tombol-tombol navigasi dan tombol perintah khusus seperti di smartband, aplikasi ini juga memungkinkan Anda 'memberi makan' CHiP layaknya permainan tamagotchi. 

 

Ada juga notification center dimana Anda bisa memeriksa status CHiP seperti kebahagiaan, lapar atau tidak, dan juga statsu tenaga CHiP. Aplikasi ini tersedia untuk smartphone berbasis iOS dan Android.