pulsa-logo

Intel Kian Serius Masuk ke Segmen Artificial Intelligence


Fauzi

Jum'at, 12 Mei 2017 • 14:32

Artificial Intelligence


Image Source : WebLizarImage Source : WebLizar

Ramai-ramai perusahaan teknologi tengah menggarap artificial intelligence (AI). Tidak terkecuali Intel, pembesut chipset papan atas ini juga agresif mengembangkan teknologi dan produk untuk pasar AI.

Seiring dengan langkahnya tersebut, Intel juga telah mengakuisi sejumlah perusahaan teknologi, seperti Altera (yang fokus pada teknologi FPGA), Nervana System untuk teknologi machine learning, dan Mobileye.

Adapun dari sisi produk, seperti dilansir DigiTimes, Intel disebut tengah menguji prosesor dengan codename Lake Crest. Prosesor ini dikatakan bakal dioptimalkan untuk jaringan saraf.

Tidak hanya Lake Crest, dalam laporan ini Intel dikabarkan juga telah memiliki prosesor seri terbaru dengan codename Knights Crest. Prosesor ini didesain untuk terintegrasi antara prosesor Intel Xeon dengan teknologi milik Nervana.

Seiring dengan banyak perusahaan teknologi, sebut saja Amazon, Google, Facebook, IBM, dan Microsoft yang kini masuk ke pasar AI, pembesut chipset juga tidak ingin ketinggalan. NVIDIA dan Qualcomm, yang notabene pesaing Intel juga cukup agresif bersaing di sektor AI.

Mengingat jaringan 5G yang juga akan memainkan peran penting untuk mendukung pasar AI, Intel disebut telah mempercepat pengembangan produk serta rencana pengujiannya. Selain itu, perusahaan ini juga telah menjalin kemitraan dengan pihak operator telekomunikasi dan rantai pemasok, guna memeprceptan pengembangan teknologi komunikasi terkini.

Saat ini autonomous driving merupakan aplikasi utama di pasar AI, dan Intel yang menguasai pangsa pasar di segmen server datacenter diperkirakan bakal memperoleh keunggulan kompetitif dalam pengolahan data. Selain autonomous driving, AI juga akan diaplikasikan ke sektor perawatan medis dan keamanan.


Sumber: DigiTimes