pulsa-logo

Khawatir Terkena Virus Wannacrypt? Ini 9 Tips Manjur dari Kominfo!


Arief Burhanuddin

Minggu, 14 Mei 2017 • 19:23

wannacry, wannacrypt, kominfo, noor iza


 

Serangan ransomware dengan nama WannaCry memang sedang hangat diperbincangkan. Potensi daya rusaknya yang luar biasa telah membuat perusahaan-perusahaan besar hingga para pakar teknologi merasa khawatir.

 

Bagaimana tidak, virus bergenre ransomware ini akan menyusup ke komputer atau server sebuah perusahaan dan dapat menyandera data-data yang ada di dalamnya. Mereka hanya mau menyerahkan kembali data-data tersebut jika pemiliknya menyerahkan sejumlah uang tebusan. Serem kan?

 

Namun bagi para pekerja yang sehari-harinya bekerja di depan komputer dan menggunakan internet, tak perlu risau atau setidaknya cukup berhati-hati. Dikutip dari laman Facebook Noor Iza, yang juga merupakan Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, beliau memposting beberapa langkah pencegahan agar kita terhindar dari serangan malware ransomware Wannacrypt tersebut. 

 


Salah satu tipsnya adalah dengan tidak menyalakan wifi atau internet terlebih dahulu saat pertama kali menyalakan komputer. Tips lainnya adalah dengan memindahkan data-data penting ke sistem operasi non Windows semisal di PC berbasis Linux atau Mac. Anda juga harus memastikan bahwa data-data penting yang ada di komputer sudah dibackup.

 

Nah untuk lebih lengkapnya, silakan simak gambar di bawah ini

 

 

Anda atau perusahaan Anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai virus ini dengan mengkontak Dirjen Aptika yaitu Bapak Aries di nomor 08129878771, kemudian dengan Didien dari ID-SIRTII di nomor 081119936071, dna juga dengan Noor Iza sendiri di nomor 08119781518. Anda juga bisa melakukan konsultasi online melaluyi email di alamat incident@idsirtii.or.id @ariefburhan