pulsa-logo

Samsung Siapkan Exynos 7872, Ini Keunggulannya


Nariswari

Senin, 15 Mei 2017 • 09:32

Samsung Exynos 7872


Tidak diragukan bahwasanya Samsung Exynos 8895 merupakan salah satu chipset powerful yang ada di pasa saat ini. Hanya saja, sayangnya chipset ini masih menyimpan kelemahan, salah satunya adalah dukungan jaringannya yang terbatas, terutama untuk jaringan di China.

Nah, sebagai langkah berikutnya, menurut rumor terbaru,  Samsung  berencana akan meluncurkan Exynos 7872. Chipset ini disebut-sebut akan mendukung sepenuhnya jaringan China dan global. Chipset baru ini akan dibangun dengan menggunakan proses FinFET 14nm yang jauh lebih efisien dalam hal manajemen dan meningkatkan penghematan daya.

Secara detil, prosesor diracik dengan 6 core: empat inti Cortex-A53  yang dimaksimalkan untuk meningkatkan efisiensi daya dan dua inti Cortex -A73 untuk menghadirkan peningkatan performa. Kinerja  prosesor ini didukung bersama dengan kartu olah grafis GPU Mali-T830 MP2 dan modem terintegrasi untuk dukungan jaringan yang lebih baik.

Hadirnya Exynos 7872 pada dasarnya akan memecahkan masalah jaringan di pasar China dan memungkinkan chipset tersebut bersaing dengan Snapdragon 65x milik Qualcomm yang dapat digunakan secara luas, di pasar global termasuk Cina.

Menurut kabar terbaru, SoC terbaru besutan Samsung tersebut akan menawarkan kinerja 70% lebih baik dari pendahulunya, bersamaan dengan pengurangan konsumsi daya sebesar 30%. Dan prosesor  Exynos 7872nantinya akan digunakan di jajaran smartphone Galaxy A Series dan Galaxy C Series paling baru yang akan dilansir dalam waktu dekat. (Naris/Ozi)

Sumber: GizChina