pulsa-logo

Apple Kantongi Paten Smartphone Bezel Tipis dan Sensor Sidik Jari yang Menempel di Layar


Nariswari

Rabu, 17 Mei 2017 • 13:29


Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Di tengah kabar Apple tengah menggarap  iPhone generasi terbarunya yang akan disebut dengan  iPhone 8, kini kabar  terbaru menyebutkan bahwa  Apple mengantongi hak paten untuk layar bezel tipis dan  TouchID yang tertanam di  bawah  layar.

Apple  dikabarkan telah mengantongi  dua paten  besarsaat ini yang mengindikasikan  bahwa Apple  selangkah lebih maju dalam pengembangan  teknologi  layar tanpa bingkai dengan desain edge to edge (tepi ke tepi), dan  paten yang  menyangkut  sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar.

Sebuah  bocoran gambar paten yang dirilis hari ini  (17/5) mengungkapkan  gambar  dari  bodi sebuah  perangkat generik tanpa merek  yang  memiliki layar dengan desain  tepinya  terlihat memiliki bezel tipis yang membalut sisi-sisinya.

Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Sebuah keterangan tertulis  di paten tersebut  yakni  “Reducing the border area of a device”atau mengurangi area pembatas di  perangkat. Keterangan dalam paten tersebut sekaligus mengisyaratkan  desain bezel  yang dibuat akan sangat  tipis. Paten yang diperoleh tersebut tidak menyebutkan 'menghilangkan' bagian pembatas, sebaliknya mereka hanyalah menyebutkan ‘membuatnya jauh lebih tipis’.

Pada dokumen tersebut juga  secara khusus menjelaskan bahwa bagian tepi-tepi  layarnya  yang memiliki desain melengkung,  termasuk  rencana Apple untuk melenyapkan  ruang panel yang selama ini ditempati oleh tombol fisik Home.

Secara khusus, substrat fleksibel dapat digunakan untuk membuat panel display dan / atau panel sensor sentuh dari perangkat elektronik  seperti smartphone  dapat ditekuk.


Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Sedangkan untuk sensor Touch ID, Apple hingga kini terus gigih  berusaha  untuk membangun display dengan sensor sidik jari  yang tertanam di bawahnya.  Paten Apple menjelaskan bahwa tujuan utamanya adalah mempermudah otentikasi di layar.  Pembacaan  dan otentifikasi sidik jari yang sebenarnya tidak terjadi pada tingkat layar, namun masukan dari panel sensor ditransfer dan kemudian  diproses ke bagian perangkat yang berbeda.

Namun sejauh ini  belum ada  pernyataan resmi  dari pihak Apple  apakah  kedua hak paten yang dikantongi oleh  Apple  tersebut  akan memulai debutnya di  iPhone generasi terbaru  yang akan diperkenalkan  oleh  Apple pada musim gugur tahun ini.(Nariswari)

Sumber: Phone Arena