pulsa-logo

Google Assistant Siap Sambangi iPhone, Bagaimana Nasib Siri?


Nariswari

Rabu, 17 Mei 2017 • 17:02


Google berencana untuk memperluas ketersediaan Google Assistant ke perangkat buatan Apple, yakni iPhone. Hal ini pertama kali terungkap saat sesi konferensi pers di event  Google I / O yang diselenggarakan pada  hari Rabu, 17 Mei 2017.

Dan tidak hanya untuk iPhone, Google Assistant nantinya akan dihadirkan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat Anda dapatkan secara bebas di App Store, dan itu akan bekerja pada semua jenis perangkat berbasis  iOS.

Sebelum pengumuman tersebut diungkapkan secara resmi dalam acara tersebut, memang sempat terdengar kabar tentang  kemungkinan perluasan adopsi Google Assistant  hingga melintasi platform lain diluar perangkat berbasis OS Android.

Seperti kabar yang diperoleh dari  Bloomberg  yang mengutip  keterangan dari nara sumber di Google mengatakan  bahwa  memang benar Google Assistant  akan dihadirkan di perangkat berbasis iOS.

Nantinya, Google Assistant   yang akan dihadirkan di iPhone  awalnya  akan tersedia hanya di Amerika Serikat, namun rencananya akan diperluas  adopsinya  hingga ke negara-negara lainnya.

Aplikasi ini tidak akan dibangun  secara default  di iPhone seperti asisten virtual  Siri milik Apple sendiri, namun akan bekerja sama dengan layanan Google lainnya.

Artificial Intelligence (AI) adalah pertaruhan penting bagi raksasa teknologi asal negeri paman sam ini yang ditandai dengan upaya mereka untuk lebih memperluas fokusnya untuk membangun jaringan  berteknologi neural yang mendalam serta membangun semua pengetahuan yang berkaitan dengan hal tersebut kedalam sebuah layanan bernama Google Assistant. Pada tingkat praktis, fitur AI dalam layanan seperti Google Assistant dan Google Photos memungkinkan pengenalan otomatis terhadap foto konten, konteks komunikasi dan data lainnya.


AI Google akan digunakan untuk mengaktifkan fitur baru di Google Photos, hingga  pembuatan album foto fisik. Apple sebenarnya  telah bereksperimen dengan fungsi serupa di masa lalu, namun telah menghentikan fitur  tersebut  pada tahun lalu.

Google Assistant  juga akan terintegrasi dalam semua jenis alat rumah tangga (IoT) seperti lemari es, mesin pencuci piring, oven  pintar, pengering dan lain sebagainya. Penanaman Google Assistant ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan peralatan rumah tangga cukup dengan memberikan perintah suara.

Belum diketahui, apa  tujuan Apple untuk membuka  akses Google Assistant  untuk dijalankan ke perangkat berbasis iOS , karena jelas adalah ironi yang bakal memukul Siri yang menawarkan layanan sejenis dengan Google Assistant. (Nariswari)

Sumber: PhoneArena