pulsa-logo

Google Lens Mungkinkan Kamera untuk Mengenali Objek serta Memberikan Respon


Galing

Kamis, 18 Mei 2017 • 13:45


Foto: Tech-CrunchFoto: Tech-Crunch

Pada ajang rutin tahunan Google I/O yang diadakan pada bulan Mei setiap tahunnya, Google selalu memanfaatkannya untuk memperkenalkan berbagai teknologi serta inovasi baru besutan sang raksasa mesin pencari tersebut. Seperti pada tahun ini, Google memperkenalkan Lens yang merupakan aplikasi ponsel yang memungkinkan kamera perangkat untuk mengenali objek serta memberikan saran respon tindakan kepada pengguna.

Dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan yang digabungkan bersama ‘computer vision’ hasil inovasi Google, kamera smartphone nantinya akan dapat mengerti objek apa yang dibidik serta membantu Anda untuk mengambil tindakan yang dibutuhkan. Ada banyak contoh hal yang sanggup Google Lens lakukan untuk Anda.

Foto: Tech-CrunchFoto: Tech-Crunch

Pada saat Anda membidikkan kamera perangkat ke restoran yang Anda kunjungi, Google Lens akan membantu Anda untuk menemukan informasi detail tentang restoran tersebut termasuk ulasan para pengunjung yang telah menjajal makanan dan minuman di sana sebelumnya. Sementara itu jika Anda memotret stiker barcode yang menempel pada router Wi-Fi di rumah Anda, maka sang aplikasi akan dapat membantu Anda untuk log in ke jaringan Wi-Fi dengan memanfaatkan ID dan kata sandi yang ditunjukkan oleh barcode pada stiker bersangkutan.

Foto: Tech-CrunchFoto: Tech-Crunch

Integrasi dengan Google Assistant juga turut memperkaya kemungkinan fitur yang dapat dibenamkannya. Contohnya saat Anda memotret poster konser musik, Google Assistant akan membantu Anda mendapatkan informasi mengenai hal tersebut serta menambahkannya ke Google Calendar cukup dengan memberikan perintah suara ‘Add this to my Calendar’.

Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai papan tanda berbahasa asing cukup dengan memotretnya, mengakses ikon Lens serta meminta untuk menerjemahkannya dengan memberikan perintah suara ‘What Does this Say?’.


Selain itu , pengguna juga bisa mendapatkan hasil foto yang lebih bagus berkat algoritma pengolahan gambar yang disematkannya. Ketika Anda mengambil foto dalam kondisi yang agak buram, Google Lens akan secara otomatis meningkatkan resolusinya untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih. Ada banyak operasi lainnya yang secara otomatis dijalankan oleh Lens agar foto yang Anda hasilkan jadi lebih baik kualitasnya. (Galing)

Sumber: Tech-Crunch

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44