pulsa-logo

Google Resmi Umumkan Android Go


Nariswari

Kamis, 18 Mei 2017 • 15:12

Android Go,google,Google I/O 2017


PhonearenaPhonearena

Masih ingat dengan Android One, yang diusung Google sebagai upayanya untuk menghadirkan ponsel murah untuk miliaran pengguna. Langkah ini ternyata bakal kembali ditempuh Google, tetapi dengan nama yang tentu saja berbeda.

Di sela-sela ajang jjang tahunan Google I/O yang berlangsung pada tanggal 16-17 Mei lalu di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat, perusahaan ini mensosialisasikan layanan dan konsep terbaru Google, guna mewujudkan salah satu misinya menajangkau ke lebih banyak pengguna. Konsep yang ditawarkan oleh Google adalah “Android Go”.

Secara singkat bisa disebutkan bahwa Android Go adalah versi ringan dari Android O yang dikhususkan beroperasi pada perangkat Android kelas entry level yang kebanyakan dijual di negara berkembang dan Asia.

Sameer Samat (VP Product Management Android) menyebutkan bahwa  Android Go memang didesain untuk perangkat entry level dan diperuntukkan bagi pengguna yang berdomisili di negara dengan jaringan terbatas.

Hal yang sangat menarik adalah bahwa Android Go bahkan bisa dapat berfungsi pada perangkat dengan memori di bawah 1GB. Akan tetapi, semua aplikasi yang diinstal adalah aplikasi yang ringan alias lite atau memiliki beban  memori yang kecil. Ya seperti misalnya YouTube Go, Chrome, Facebook Lite dan Twitter Lite. Selain bisa dijalankan di perangkat dengan memori di bawah 1 GB, apa saja fitur keren di Android Go?

Android Go memberikan kemudahan pengguna ketika mendapatkan gambaran sebelum melakukan streaming video. Pengguna bahkan bisa mengunduh video kala terkoneksi  via Wi-Fi dan bahkan bisa menonton video  saat offline.

Dengan hadirnya Android Go ini adalah  sangat memudahkan bagi  vendor smartphone ekonomis, karena mendapatkan pilihan platform untuk perangkat terjangkau yang mereka buat. Adapun Android Go akan hadir dengan Google Play Store yang digarap khusus untuk  edisi ekonomis yang di mana di dalamnya hanya ada aplikasi-aplikasi irit data.


Sejauh ini  belum diketahui  kapan  Android Go akan terealisasi ke dalam smartphone  ekonomis, dan kira-kira smartphone apa yang pertama yang akan menjalankan Android Go? Adapun menurut kabar Android Go baru akan tersedia mulai 2018. (Naris/Ozi)

Sumber: PhoneArena