pulsa-logo

"Traveler Indonesia kini lebih Nekat"


Arief Burhanuddin

Kamis, 18 Mei 2017 • 18:26


Dalam survei yang dilakukan Agoda, aplikasi booking populer di tanah air, terungkap fakta-fakta mengejutkan mengenai perilaku para traveller milenial Indonesia. Survei yang dilakukan pada saat check in dan step out dari basecamp Agoda tersebut dilakukan terhadap 1000 traveller milenial independen berusia antara 25 hingga 34 tahun dan merupakan lanjutan dari kampanye #agodabasecamp mereka yang sedang berlangsung.  

 

Dari yang tidak biasa sampai yang tak terduga, berikut adalah 5 fakta unik dari kebiasaan perjalanan yang paling mengejutkan:

  1. Mereka mungkin tidak melakukannya di rumah, tetapi 45% responden suka melakukan tawar-menawar dengan pemilik toko setempat.
  2. 40% dari mereka tidak membutuhkan google maps dan secara spontan lebih memilih untuk mengeksplorasi jalan-jalan mereka tanpa rencana. Sedangkan 52% lainnya berani dengan sengaja memilih jalan yang salah.
  3. Meskipun mereka adalah traveler independen,  40%  dari mereka tidak begitu peduli bila mengenakan pakaian yang sama dengan temannya
  4. 73% responden mengaku memakan dessert sebagai makanan pertamaketika memulai harinya
  5. #selfies dan #wefies menjadi populer, tetapi bagi 86% responden, posting foto Instagram paling Insta-worthy adalah dengan mengarahkan orang lain untuk memotret diri mereka secara artistik tanpa melihat ke arah kamera.

Gede Gunawan, Country Director Agoda International Indonesia mengatakan: "Survei tersebut dengan jelas menunjukkan pergeseran besar dari pendekatan perjalanan yang berbeda dibandingkan yang terjadi di masa lalu. Kami melihat semakin banyak traveler dengan jiwa petualang dan mandiri bermunculan di Indonesia. Karena kami memberikan lebih banyak penawaran di lebih banyak tempat dibanding yang lain, kami ingin menginspirasi lebih banyak orang untuk mengeksplorasi dan melakukan petualangan. Itulah sebabnya dalam setiap iklan kita berbicara tentang kamar sebagai base camp, tempat untuk dijelajahi. "

 

Selain survei, agoda juga mengadakan kompetisi melalui media sosial, mengumpulkan foto dan video mengenai apa yang generasi muda Millennials lakukan dari awal mereka sampai, meletakkan tas mereka, dan keluar dari tempat mereka menginap. Agoda sangat terinspirasi oleh hasilnya dan membuat iklan TV dan video online, yang direalisasikan dengan gaya khas agoda yang energetik dan akan ditayangkan dalam beberapa minggu kedepan.


 

Andy Edwards, Global Director Brand & Marketing Communications mengatakan: "Kami sangat senang akan apa yang kami dengar dari traveler Indonesia muda dan berpikir bahwa hal itu pantas digaungkan. Jadi kami dengan cepat membuat beberapa video yang akan kami tayangkan di TV dan online. Hal itu merupakan gabungan dari rekaman para pengguna, beberapa di antaranya kami rekam sendiri dan kami juga bekerja sama dengan beberapa influencer online lokal hebat yang juga akan membagikan kecintaan mereka pada traveling dengan para pemirsa.”

 

Para influencer yang terlibat diantaranya adalah Clairine Clay yang juga dikenal sebagai ratu meme Indonesia. Juga ada Marissa Nasution (artis/ penggemar kecantikan, beauty traveller), Emanda Putra (ikon kreatif), dan Keenan Pearce.

 

Clairine Clay, mengatakan, "Berpartisipasi dalam kampanye #agodabasecamp sangat menyenangkan karena saya tidak hanya membicarakan pengalaman saya di base camp tapi petualangan saya setelah saya check in dan step out. Hal ini menggambarkan bagaimana saya melakukan perjalanan dan berfokus pada pengalaman yang penting bagi saya. "