pulsa-logo

Google Garap Headset VR yang Bisa Berfungsi Tanpa Smartphone


Arief Burhanuddin

Kamis, 18 Mei 2017 • 18:44


Setahun lalu Google mengumumkan  Daydream –sebuah platform virtual reality garapannya  ke publik. Daydream dibangun dengan basis sistem operasi  Android  7.0 Nougat untuk  menghadirkan  pengalaman virtual reality premium. Namun kehadirannya saat ini masih terbatas. Disamping karena keterbatasan konten, juga ketersediaan perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan Daydream.

 

Kini, setelah adanya konfirmasi dukungan terhadap Daydream  yang bakal dihadirkan  ke Samsung  Galaxy S8, Galaxy S8 +, dan perangkat unggulan LG berikutnya (kemungkinan  LG V30), Google juga mengumumkan bahwa mereka sedang mengerjakan headset Daydream VR  yang  dapat bekerja  secara  mandiri alias tidak memerlukan koneksi ke smartphone.

 

Lalu apa sih kerennya  headset VR Daydream yang bekerja secara mandiri?

 

Pertama-tama, headset VR Daydream tentu akan lebih  mudah digunakan  bahkan oleh seorang pengguna pemula sekalipun. Kedua, headset VR Daydream akan menghadirkan pengalaman  dan performa  yang lebih baik. Bisakah Anda bayangkan? Sebuah alat yang dibangun berbasis  VR yang dilengkapi dengan sensor terbaik, optik berkualitas tinggi, dan display papan atas. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya adalah  bahwa  dengan hadirnya  headset VR Daydream  mandiri ini pastinya  tidak akan menguras baterai.


 

Google sebelumnya sudah bekerjasama  dengan Qualcomm untuk membuat perangkat VR sebagai referensi agar   perusahaan lain dapat merancang headset VR Daydream mandiri garapan  mereka sendiri.

 

Sementara itu, HTC dan Lenovo dikabarkan akan  meluncurkan  headset VR dengan  Daydream di akhir tahun 2017.

 

Beberapa bocoran sketsa yang merupakan teaser dari headset VR Daydream buatan HTC dan Lenovo, setidaknya dapat menjadi sedikit pemuas rasa penasaran  publik tentang seperti apa bentuk dari  headset VR Daydream yang dirilis oleh masing-masing perusahaan  tersebut.  (Nariswari)

 

Sumber: Phone Arena