pulsa-logo

Headphone Terbakar dan Lukai Pengguna, Begini Reaksi Apple


Nariswari

Senin, 22 Mei 2017 • 14:54

Beats


Kejadian tak mengenakkan menimpa seorang wanita ketika sedang menggunakan headphone Beats beberapa waktu lalu. Wanita yang identitasnya disamarkan itu mengalmi kejadian yang mengerikan baginya ketika headphone yang digunakan di sepanjang  penerbangan  dari Beijing ke Melbourne, Australia terbakar, dan mencederai telinga dan sebagian wajahnya.

Kejadian mengerikan ini bermula saat  wanita  tersebut  tertidur saat penerbangan. Di saat itulah  penumpang lain  mendengar  ledakan keras yang rupanya bersumber dari  headphone si wanita tadi  yang meledak dan terbakar.

Menurut sebuah laporan dari Australian Transport Safety Bureau (Biro Keselamatan Transportasi Australia) menyebutkan bahwa  wanita itu  sangat shock  dengan  ledakan  headphone  miliknya tersebut. 

"Ketika saya tertidur sambil mendengarkan musik dengan headphone,  tiba-tida  wajah  saya merasa terbakar," ujar  wanita  tersebut  ke media lokal di Australia.

Refleks,  si wanita itu  kemudian melempar headphone ke lantai, dan pramugari dengan  sigap memadamkan api di headphone  yang terbakar itu  dengan air.

Menurut  kabar yang diperoleh dari Australian Associated Press, wanita itu kabarnya telah  menyampaikan insiden tersebut ke  perwakilan Apple dan  meminta pertanggungjawaban dari pihak Apple.

Seperti Anda ketahui, Apple telah mengakuisisi  Beats Electronics  pada akhir Mei 2014  dengan nilai akuisisi  USD$  3 miliar  (setara dengan  Rp. 34,8 triliun). Beats Electronics terkenal dengan produk headphone Beats yang ditujukan untuk pasar kelas atas. Jadi, dengan insiden  headphone Beats yang meledak tersebut, wajar jika  penggunanya  mengajukan keluhan ke Apple. 


Lalu bagaimana reaksi dan tanggapan Apple terkait dengan insiden  meledak dan terbakarnya headphone Beats tersebut?

Headphone Beats yang digunakan oleh  wanita tersebut  ditenagai oleh baterai  AAA. Menurut pernyataan  dari salah seorang  perwakilan Apple, disebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan menyeluruh terkait dengan insiden tersebut. Dan Apple juga melakukan  kordinasi dengan pengacara wanita tersebut.

Apple terkesan menyalahkan penggunaan baterai pihak ketiga yang menjadi  alasan dari terjadinya  ledakan tersebut.  Walaupun tidak jelas  apakah  memang benar ‘biang keladi’ dari insiden tersebut adalah  baterai  pihak ketiga yang digunakan wanita itu di headphone Beats tersebut.

Apple sejauh ini tidak membuat atau memproduksi sendiri headphone Beats yang didukung oleh baterai AAA, jadi jika headphone Beats yang dimaksud memang dibuat oleh Beats,  maka  kemungkinan besar  headphone  itu adalah headphone  Beats generasi lawas.

Secara formal, Apple belum bersedia untuk menanggapi permintaan media untuk  berkomentar terkait  peristiwa  tersebut. (Naris/Ozi)

Sumber: TheVerge