pulsa-logo

Wuih! Apple Watch Berikutnya Akan Bawa Fitur Pelacak Gula Darah


Nariswari

Senin, 22 Mei 2017 • 16:55

Apple Watch


Sudah umum bila pada sebuah piranti sandang generasi terbaru yang beredar mengemas fitur pelacak kebugaran seperti sensor pendeteksi denyut jantung, penghitung langkah, dan sebagainya. Di luar itu, masih belum banyak piranti sandang  yang dibekali dengan pelacak kadar gula darah. Dan peluang ini nampaknya siap dimanfaatkan oleh Apple.

Ya, perusahaan teknologi papan atas ini dikabarkan sedang menggarap Apple Watch generasi terbaru yang akan dilengkapi dengan fitur pelacak gula darah. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat, utamanya bagi pengguna Apple Watch yang mengidap diabetes. 

Beberapa hari yang lalu, CEO Apple Tim Cook membuat video teaser dengan memakai prototipe smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pelacak gula darah. Seperti kabar yang diperoleh dari CNBC, teaser tersebut memperkuat informasi sebelumnya yang menyebutkan bahwa bulan lalu Apple telah mempekerjakan tim biomekanik untuk mengembangkan perangkat non-invasif untuk memantau tingkat gula darah penderita diabetes.

Mengutip keterangan dari narasumber yang tidak disebutkan namanya, CNBC menyebutkan bahwa tim Apple  yang bermarkas di  Palo Alto itu  telah memulai uji kelayakan terkait dengan fitur pelacak glukosa darah, yang terhubung dengan Apple Watch.

Pelacak glukosa darah saat ini di pasaran menggunakan sensor yang  dapat menembus kulit. Tim Cook mengatakan di sela-sela kunjungannya  ke University of Glasgow pada akhir  bulan Februari lalu, bahwa Apple Watch generasi mendatang akan dibekali dengan pelacak gula darah. Dan ini akan sangat  membantu tiap pengguna Apple Watch untuk  lebih memahami dampak dari berbagai makanan  berkadar gula tinggi.

Menurut  Cook, dengan pengembangan fitur ini di Apple Watch, akan ada banyak harapan bagi penderita diabetes di luar sana yang dapat mengontrol pola makan dan gaya hidup mereka. Agar kesehatan mereka tetap terjaga.

Perlu Anda ketahui, lebih dari 29 juta orang Amerika menderita diabetes, menurut data terbaru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Di antara mereka yang menderita penyakit ini, satu dari empat orang tidak menyadari kondisinya, menurut CDC.


Jauh sebelum fitur ini jadi cikal bakal di Apple Watch, Steve Jobs selama menjabat sebagai CEO Apple  pernah membayangkan sebuah piranti sandang berupa smartwatch yang bisa digunakan, salah satunya untuk memantau gula darah. (Naris/Ozi)

Sumber: The Verge