pulsa-logo

Samsung Siapkan Panel OLED yang Tak Sekedar Bisa Ditekuk, Tapi ...


Nariswari

Selasa, 23 Mei 2017 • 16:52

Samsung


Di ajang Display Week 2017 yang bakal digelar pada Rabu (24/5), Samsung kabarnya akan menyiapkan sebuah kejutan untuk publik dengan memamerkan produk layar terbarunya, yakni panel OLED  berukuran 9,1 inci.

Sebelumnya, banyak kabar yang menyebutkan bahwa Samsung akan memperkenalkan jenis layar yang selama ini banyak diantisipasi untuk diaplikasikan ke dalam perangkat mobile. Ya, salah satunya adalah layar yang bisa ditekuk (foldable display).

Memang Samsung masih  dalam proses penggarapan layar fleksibel, namun perusahaan itu nampaknya  ingin melangkah lebih jauh di Display Week 2017 besok. Samsung akan menampilkan apa yang disebut sebagai panel OLED 9.1 inci yang dapat direntangkan. Jadi apa pula jenis layar ini?

Nah, menurut juru bicara Samsung, sementara OLED fleksibel saat ini hanya bisa diubah dalam satu sisi dalam posisi dilipat seperti dompet. OLED yang yang akan dipamerkan Samsung dapat ditransformasikan ke dalam berbagai bentuk. Entah melengkung, ditekuk-tekuk (bended) atau bahkan digulung sedemikian rupa (rolled) di kedua sisinya, baik di atas dan di bawah.

Bisakah Anda bayangkan? Sebuah layar yang sangat fleksibel.  Layarnya bisa meregang sebanyak 12mm, atau 1.2cm, saat ditekan. Bahkan di saat merenggang seperti itu, layarnya tetap  masih mempertahankan tingkat resolusi tinggi. Menurut Samsung layar garapannya ini akan banyak digunakan pada perangkat atau produk Internet-of-Things (IoT) yang mengadopsi teknologi AI, namun belum terungkap informasi yang lebih terperinci terkait produk apa yang bakal dibekali dengan jenis layar keren ini. 

Beberapa pengamat industri bahkan menyebutkan bahwa produk layar yang akan diperkenalkan oleh Samsung ini adalah akhir dalam teknologi layar fleksibel.

Teknologi ini masih dalam tahap awal, sehingga bahkan Samsung Display sendiri belum menyebutkan  dengan pasti kapan akan menjadi produk komersial.


Juga di Display Week, Samsung juga akan memamerkan layar OLED 5,09 inci 3D yang dalam penggunaannya tidak memerlukan kacamata khusus 3D, dan panel UHD 4K 1,96 inci dengan kerapatan piksel yang sangat tinggi yakni  2250 ppi. Adapun Display Week diadakan pada 21-26 Mei 2017 di Los Angeles Convention Center, AS. (Naris/Ozi)

Sumber: KoreaHerald