pulsa-logo

Smartfren Siapkan 25% Kapasitas Tambahan di Jalur Mudik


dian iskandar

Rabu, 24 Mei 2017 • 01:03

Smartfren,mudik 2017,macet mudik 2017,berita mudik 2017


ilustrasi foto; isk/tabloidPULSAilustrasi foto; isk/tabloidPULSA

Operator 4G Smartfren akan menyiapkan 25% kapasitas jaringan yang sudah ada guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik komunikasi di beberapa daerah tepatnya di jalur mudik musim Lebaran 2017 ini. Penambahan kapasitas ini sifatnya temporer dan akan diberlakukan pada H-14 hingga H+14 Lebaran.

Menurut Munir Syahda Prabowo, VP Technology relation and Special Project PT Smarfren Tbk, tahun ini lonjakan trafik komunikasi penggguna Smartfren diprediksi akan terjadi di Tegal dan Pekalongan. Hal ini berdasarkan dat trafik yang ada. ”Untuk jalur utara ke arah Jawa Tengah dan Jawa timur akan berlama-lama di jalur antara Tegal dan Pekalongan. Maka disitulah kita akan fokus untuk menjamin kelancaran komunikasi,” kata Munir.

Munir Syahda Prabow, VP Technology relation and Special Project PT Smarfren TbkMunir Syahda Prabow, VP Technology relation and Special Project PT Smarfren Tbk

Dari pemaparan mengenai kesiapan Smartfren menjelang Lebaran tahun ini, penambahan kapasitas network temporer tersebut akan difokuskan pada area publik, jalur transportasi darat dan kota tujuan mudik.

Area publik yang dimaksud meliputi Pelabuhan, bandara, terminal bus dan stasiun kereta.  Semantara untuk jalur transportasi difokuskan pada jalan tol, jalan nasional dan jalur alternative yang padat. Dan untuk kota tujuan mudik akan difokuskan di kota-kota yang ada di daerah Jateng dan Jatim.

Jika dibutuhkan tambahan kapasitas di daerah tertentu, disiagakan 60 mobile BTS yang siap menjangkaunya. Untuk menyiapkan kerja yang lebih cepat, Smartfren juga mendirikan 55 Task Force basecamp yang disebar sepanjang jalur mudik. Selain menyiapkan tambahan kapasitas jaringan, Smartfren juga menyiapkan tim pendukung yang terdiri dari 200 Engineer.(*)