pulsa-logo

Awas Youtube, Facebook Mulai Lirik Bisnis Video!


Arief Burhanuddin

Jum'at, 26 Mei 2017 • 16:17

social media, youtube, facebook, facebook video, video facebook, youtube red


Facebook diketahui telah menandatangani kesepakatan dengan situs-situs pembuat berita dan hiburan seperti Vox Media, BuzzFeed, ATTN, Group Nine Media dan lainnya guna membuat acara untuk layanan video mereka, yang direncanakan akan menampilkan konten jangka panjang dan pendek dengan sisipan iklan, demikian menurut beberapa sumber yang dekat dengan Facebook.

 

Facebook menetapkan dua macam skema hiburan video: pertama berupa tayangan script dengan masing-masing episode berlangsung antara 20 sampai 30 menit yang nantinya akan menjadi milik Facebook, dan kedua adalah tayangan dengan script lebih pendek dengan episode yang berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit, yang kontennya tidak menjadi milik Facebook .

 

Semua sumber berita ini telah diminta untuk tetap anonim karena kesepakatan ini bersifat rahasia.

 

Langkah Facebook untuk mendapatkan dan melisensikan konten asli adalah yang terbaru dalam upayanya  untuk menarik lebih uang dari binsis periklanan. Hal ini akan menjadikan perusahaan ini bersaing langsung dengan fitur YouTube Red, Snapchat, dan jaringan televisi tradisional.


 

Langkah ini dipandang pengamat sebagai upaya perwujudan ucapan Chief Executive Facebook, Mark Zuckerberg kepada investor awal bulan ini yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut sedang mencari apa yang disebut sebagai "konten jangkar" yang akan menarik orang ke tab video di aplikasi Facebook.

 

Perusahaan media sosial terbesar di dunia ini mematok harga hingga $ 250.000 untuk tayangan skrip yang lebih lama dan akan menjadi milik Facebook. Hal ini tampaknya meniru strategi strategi yang digunakan dengan sukses oleh Netflix Inc (NFLX.O) dan Amazon.com Inc (AMZN. O), yang sekarang memiliki beberapa konten yang mereka jual ke pelanggan.

 

Untuk skema kedua yaitu tayangan video yang lebih pendek, Facebook akan membayar $ 10.000 sampai $ 35.000 untuk setiap video dan memberi pembuat video bagian sebesar 55 persen dari pendapatan iklan, kata sumber tersebut. Akan ada sisipan iklan selama pertunjukan baik apda video panjang maupun pendek.

 

 

 

sumber: reuter