pulsa-logo

Ini Dia Bocoran Qualcomm Snapdragon 845


dian iskandar

Senin, 29 Mei 2017 • 09:53

Qualcomm,Snapdragon,Snapdragon 835,Snapdragon 845


GizchinaGizchina

Sudah berselang  beberapa bulan sejak penjualan smartphone papan atas yang menjalankan  processor  generasi terbarunya  yakni  Qualcomm Snapdragon 835, kini muncul kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Qualcomm  mulai menggarap processor  generasi berikutnya  yang akan dinamakan Snapdragon 845.

Sebenarnya kabar ini bermula sejak  pekan lalu, di mana prosesor yang disinyalir bernama Snapdragon 845 tersebut dilaporkan mendadak muncul secara tidak sengaja di situs resmi Qualcomm dengan nama “SDM845”.

Seperti kabar terbaru yang dilansir dari  Gizchina,Qualcomm Snapdragon 845 yang  akan diproduksi dengan menggunakan proses fabrikasi 7nm yang digabungkan dengan merek ARM baru Cortex A75 dan Cortex A55. Lalu apa istimewanya dari Qualcomm Snapdragon 845?

Dibandingkan chip 10 nm seperti Snapdragon 835, teknologi 7 nm mampu meningkatkan performa hingga 35 %  sekaligus memperkecil ukuran fisik prosesor yang tersebut.  

Sumber: GizchinaSumber: Gizchina

Ada dua jenis prosesor octa core di pasaran. Prosesor octa core normal, yang mengikuti arsitektur BIG.little dan “True Octa Core” yang mengikuti pendekatan di mana semua core  melakukan tugas se-efisien mungkin  yang diperlukan pada smartphone.

Arsitektur BIG.little menciptakan dua cluster dari empat core masing-masing, 4 kinerja dan empat core mid range. Kinerja core  ditngkatkan saat CPU melakukan tugas berat, sedangkan  core  kelas menengah dimaksimalkan  untuk tugas normal di CPU. Nah, Snapdragon 845 ini didasarkan pada arsitektur BIG.little dengan inti kinerja Cortex A75 dan A55.


sumber: Gizchinasumber: Gizchina

Cortex A75 memberikan peningkatan kinerja mobile sebesar 20% lebih besar jika  dibandingkan dengan penggunaan Cortex  A73 dengan peningkatan kinerja sebesar 40% dibandingkan dengan Cortex A72 sambil memberikan kinerja berkelanjutan yang sama seperti Cortex A73.

Sejauh ini belum diketahui  profil smartphone pertama  merek apa yang  akan menjalankan processor Qualcomm Snapdragon 845, dan kapan processor ini akan  diperkenalkan ke publik.  (Nariswari)

Sumber: Gizchina