pulsa-logo

iPhone 8 Akan Dibekali Chip Artificial Intelligence


Fauzi

Senin, 29 Mei 2017 • 11:07


Ilustrasi: iPhone 6Ilustrasi: iPhone 6

Seiring langkah perusahaan teknologi papan atas yang tengah siap bersaing di ranah artificial intellegence (AI), Apple disebut bakal melakukan hal yang sama di smartphone terbarunya nanti.

Sebagaimana dikutip PULSA via laman Techradar, Apple akan menyematkan chip AI khusus di dalam iPhone dan perangkat keras lainnya. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kinerja dari algoritma otomatisnya.

Menurut sumber anonim yang akrab dengan masalah ini disebutkan bahwa chip tersebut dikenal sebagai Apple Neural Engine. Apple sendiri belum menyebutkan apa pun terkait chip dimaksud.

Apakah chip tersebut bakal siap digunakan untuk iPhone 8, sumber anonim tadi memang tidak sepenuhnya yakin soal itu. Pun demikian, di sisi lain Apple juga tidak ingin ketinggalan di ranah AI yang tengah menjadi tren belakangan ini. Qualcomm misalnya, vendor chip kenamaan itu telah menambahkan komponen AI di dalam chip buatannya. Sementara itu Google juga terus meningkatkan upayananya di sektor machine learning.

Terkait dengan teknologi AI, Apple telah membicarakan pentingnya AI selama beberapa tahun terakhir ini. Sejatinya Apple juga sudah memiliki AI, seperti Siri yang tersemat di iPhone, dan lain-lain. Kendati demikian, chip AI yang tertanam di perangkat nampaknya tetap dibutuhkan guna memungkinkan pemrosesannya lebih cepat, lebih lokal, dan lebih privasi.

Apabila chip AI sebagaimana disebutkan bakal siap untuk iPhone mendatang yang dirilis tahun ini, ajang Worldwide Developers Conference yang bakal digelar bulan Juni nanti nampaknya bakal menjadi tempat yang tepat bagi Apple untuk mengumumkan inisiatif ini.

Di antara kemampuannya, chip AI itu nantinya akan memiliki kemampuan untuk mengambil alih tugas prosesor dan chip grafis utama, meningkatkan kinerja dan masa pakai baterai, serta mungkin akan digunakan ke dalam proyek Apple lainnya, seperti teknologi self-driving car dan Siri Speaker.


Sumber: Techradar