pulsa-logo

Wow, Samsung Siap Produksi Prosesor dengan Teknologi 4nm


Nariswari

Selasa, 30 Mei 2017 • 10:16


Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Saat ini, chipset  papan atas  yang  dijalankan di smartphone  premium,  dibuat menggunakan proses 10nm. Dan  Samsungmembuktikan dirinya  menjadi salah satu pemimpin dalam pencapaian produksi prosesor dengan teknologi  10nm tersebut.Perlu Anda ketahui, semakin kecil ukuran prosesnya, semakin kuat dan hemat energi  yang  dibutuhkan  oleh prosesor tersebut.

 

Hal ini berkaitan dengan Hukum Moore, yang dirancang oleh pendiri Intel  bernama  Gordon Moore pada tahun 1965. Beliau  mencatat bahwa jumlah transistor per inci persegi pada sirkuit terpadubertambah  dua kali lipat setiap dua tahun.

Samsung telah menghasilkan  roadmap  yang menunjukkan bagaimana rencanabesarnya   untuk beralih dari proses 10nm saat ini ke 4nm.

 

Menurut sebuah presentasi yang dibuat di Samsung Foundry Forum,  Samsung  telah merancang  langkah selanjutnya untuk   memproduksi chip 8nm dengan menggunakan proses Low Power Plus.

 


Seperti Anda ketahui,  proses Lower Power Plus 7nm akan menjadi yang pertama menggunakan litografi Extreme Ultra Violet, yang digunakan untuk  desain sirkuit ke wafer silikon. Pada saat Samsung akan menjalankan  proses 6nm Low Power Plus,  Samsung  akan menggunakan solusi Smart Scaling  baru yang memungkinkan penggunaan daya ultra rendah.

Berikutnya, Samsung mengatakan bahwa  mereka akan melanjutkan ke proses 5nm  Low Power Plus, dan kemudian  menuju ke targetnyayakni  memproduksi  prosesor  dengan  teknologi   proses 4Nm Low Power Plus, yang sekaligus  menjadi yang pertama menggunakan arsitektur perangkat generasi berikutnya yang disebut Multi Bridge Channel FET.

 

Adapun  ini  adalah teknologi Samsung's Gate All Around FET yang dirancang untuk mengatasi keterbatasan dimensi  dan keterbatasan kinerja arsitektur FinFET.

Beralih dari  produksi prosesor  menggunakan teknologi  10nm ke 4nmmemang   akan memakan waktu, dan pasti  akan ada kendala dan masalah di sepanjang  prosesnya.

Akan tetapi dengan Samsung  secara kontinu  terus mengecek setiap  proses  produksi dari roadmap dari tiap  teknologi hingga menuju ke 4nm,  maka kekhawatiran  akan adanya kendala tersebut dapat diminimalisir.  (Nariswari)