pulsa-logo

Penipuan Melalui SMS dan WA kembali Marak, Ini Himbauan XL Kepada Pelanggan


Arief Burhanuddin

Selasa, 30 Mei 2017 • 16:20

operator, penipuan sms, penipuan xl, penipuan seluler


Beberapa hari ini, dunia maya marak dengan sebuah pesan yang berisi kemungkinan upaya penipuan melalui SMS dan aplikasi chatting. Pesan yang menyebar melalui group WhatsApp dan Facebook ini menampilkan percakapan seorang ibu calon korban dengan orang yang tidak dikenal yang diduga hendak menipu. 

Melalui chatting, orang tersebut menyuruh calon korban untuk membuka SMS dari nomor tertentu yang berisi rangkaian kode rahasia. Setelah dibuka, ia kemudian menyuruh calon korban untuk memforward kode yang ada di SMS tadi ke nomornya dengan alasan ia membutuhkan kode tersebut dan SMS yang diterima oleh calon korban sebenarnya  akibat salah kirim dari pihak operator. 

Calon korban yang kebetulan yang curiga kemudian menghubungi call center operator selulernya dan mendapat pemberitahuan bahwa apa yang ia alami merupakan modus penipuan yang sering digunakan untuk belanja online. Penipu akan memasukkan nomor telepon secara acak untuk pendebetan kemudian situs belanja yang ia sasar akan mengirimkan SMS berisi kode rahasia yang harus diisikan kembali untuk verifikasi. Karena itu, ia harus menghubungi nomor yang tadi dikirimi SMS supaya penipu bisa mendapatkan kode verifikasi.

Tentu saja upaya penipuan seperti ini membuat resah masyarakat. Operator pun tampaknya mulai mengambil sikap denganmemberi himbauan kepada masyarakat. Salah satunya adalah XL.

Tri Wahyuningsih Harlianti, GM Corporate Communicationsnya XL yang biasa disapa dengan Ayu menyampaikan bahwa pihaknya mengupayakan langkah-langkah preventif berupa himbauan agar pelanggan waspada terhadap modus aksi penipuan yang terjadi.                        

Jika anda menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, maka pengguna layanan XL dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut.

 


"Jika anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun. Jika anda merasa ragu-ragu atas SMS mencurigakan dan atau permintaan seseorang untuk mengirinkan kode verifikasi/kode rahasia tersebut, dimohon untuk langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut melalui akun twitter @myXLCare atau tlp 817 dari nomor XL, " Papar Ayu.

 

Sebagai penutup, Ayu juga menghimbau bagi yang mengalami modus penipuan tersebut, agar bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal yang membuat gerah masyarakat, hal ini membuat operator juga ikut dirugikan.