pulsa-logo

Microsoft Masih Kepingin Garap Smartphone


dian iskandar

Rabu, 31 Mei 2017 • 09:10

microsoft,lumia,windows mobile,windows phone


ilustrasiilustrasi

Jika selama ini  Microsoft  selama ini  konsisten dengan pengembangan teknologi,  dan perangkat keras yang dapat memperluas adopsi perangkat lunak dan layanannya, kini sebuah kabar terbaru yang dilansir dari Phonearena  dan  Thurrott menyebutkan bahwa Microsoft saat ini diam-diam sedang mengembangkan  smartphone generasi terbarunya   yang menjalankan sistem operasi  dengan jenis atau versi yang berbeda dari  Windows Mobile.  

Seperti Anda  amati beberapa tahun belakangan ini,  sejak  lesunya penjualan  smartphone  Lumia,  penjualan handset berbasis  Windows Phone seakan  hampir berhenti total.  Dan pangsa pasar dari pengguna smartphone berbasis Windows  Phone ini anjlok  di bawah 1% di seluruh dunia selama beberapa tahun terakhir. Hal inilah yang kemudian mendorong Microsoft untuk  mencari cara  untuk tetap  bertahan dan melanjutkan bisnis  smartphone-nya, namun  Microsoft sepertinya tidak tertarik untuk bertahan menggunakan OS Windows Mobile.

Tampaknya, perusahaan  teknologi  raksasa  yang berbasis di Redmond,  Amerika Serikat ini  masih memiliki  gagasan untuk tetap   menjadi pemain utama di industri smartphone. Menurut keterangan  yang diperoleh dari   beberapa “orang dalam” di  Microsoft, perusahaan tersebut  memang masih tetap mengembangkan  OS Windows Mobile dan perangkat keras yang bisa menjalankan OS tersebut.

Akan  tetapi bicara  fakta, tampaknya Microsoft saat ini sedang menguji smartphone baru yang menjalankan  versi yang berbeda atau jenis yang berbeda dari  Windows Mobile. Adapun   UI dari OS baru  tersebut  benar-benar berbeda dari apapun yang telah kita lihat sampai sekarang.

Selain itu, Microsoft mungkin telah menghapus dukungan untuk aplikasi Silverlight di versi terbaru Windows Mobile yang mendukung  pengalaman  mobile yang maksimal bagi  penggunanya.

Sayangnya, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut terkait dengan  perangkat dan versi OS terbaru   yang dikembangkan  oleh Microsoft tersebut. Karena sejauh ini Microsoft masih bersikap  tertutup terkait dengan proyek tersebut,  kemungkinan  bisa saja  Microsoft  membatalkan proyek  tersebut  kapan pun,  jika hasilnya memang  tidak menggembirakan atau dianggap gagal. (nrs/isk)

Sumber: Phonearena