pulsa-logo

Resmi, Essential PH-1 Bawa Spesifikasi Powerful 'Luar-Dalam'


Fauzi

Rabu, 31 Mei 2017 • 12:35

Essential PH-1


Essential, sebuah perusahaan yang dibangun oleh sang pendiri Android, Andy Rubin, secara resmi  mengenalkan PH-1, yang merupakan  smartphone perdananya. Smartphone datang dengan sederet  spesifikasi gahar yang menempatkannya sebagai smartphone premium dan berkelas.

Dimulai dari  desain  smartphone Essential PH-1, smartphone ini dibekali dengan layar yang unik dan pengaturan kamera yang unik, juga memamerkan  konsep  modularitas. Layarnya menerapkan konsep "Full Display" dengan desain  edge-to-edge  dengan sudut membulat, sekilas agak mirip dengan smartphone Xiaomi Mi generasi terbaru. Tapi lihatlah kamera depan untuk berselfie ria, Essential PH-1 menempatkannya di bagian tengah di atas layar. Unik dan berbeda dibanding dengan desain penempatan kamera depan di banyak  smartphone.

Layarnya memiliki rasio aspek 19:10 - lebih lebar dari 16: 9, namun tidak selebar LG G6 atau  Samsung Galaxy S8. Smartphone ini  dibekali dengan layar  LCD LTPS berukuran diagonal  5,71  inci dengan  tingkat  kecerahan 500  (dengan rasio kontras yang lebih baik dari 1.000: 1).

Di sektor fotografi,  smartphone  ini dilengkapi dengan kamera utama  yang ditempatkan di bagian belakang yang menggunakan kombinasi sensor kamera 13MP (salah satunya menggunakan sensor RGB, dan satunya menggunakan monokrom). Adapun  sensor warna berada di balik lensa dengan aperture f/1.85 yang sanggup menghadirkan  tingkat kecerahan dan  warna yang terang. Dan dengan bantuan sensor mono, kamera ini menawarkan mode tele, efek bokeh dan mode "true monochrome". Tak hanya itu, untuk menyempurnakan hasil foto, Anda bisa menggunakan personalisasi laser autofocus dan phase detect autofocus yang disediakan di smartphone ini .

Baik kamera utama maupun kamera depannya bisa merekam  video dengan  kualitas video 4K @ 30fps, 1080p @ 60fps dan 720p @ 120fps. Berbicara tentang  kamera depan, smartphone dibekali dengan  sensor kamera  beresolusi 8MP (16: 9) dengan aperture f / 2.2 untuk lensa hiperlipidinya (yaitu fokus tetap).

Terdapat dua pin di sebelah kanan kamera -  yang merupakan  tempat untuk menampatkan  aksesoris pendukung. Aksesoris yang pertama adalah kamera 360° yang memiliki sensor dual 12MP di belakang lensa fisheye (210 °) dan kualitas perekaman video immersive dengan resolusi 3.840 x 1.920 piksel dengan kecepatan rekam grafis @30fps.

Smartphone ini juga dilengkapi semacam dock magnetis  yang merupakan  konektor magnetik yang   dapat  difungsikan sebagai  sarana  untuk mengisi daya.


Ponsel Esensial dibangun dengan bodi yang kokoh dengan  bingkai titanium, yang lebih tangguh dari bahan aluminium dan tidak mudah tergores atau tertekuk. Bagian belakangnya menggunakan bahan  keramik, dan pada bagian layar depannya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Perihal kinerjanya, Essential PH-1  menjalankan  processor  Qualcomm Snapdragon 835, RAM 4 GB, penyimpanan memori internal 128GB yang sayangnya tidak mendukung penyimpanan memori  eksternal karena tidak dilengkapi dengan slot MicroSD.  Smartphone yang akan menjalankan versi terbaru OS Android ini  dilengkapi dengan berbagai konektivitas mulai dari  port USB-Type C, pin aksesoris , dan tidak nampak dukungan untuk headphone jack 3,5mm. Untuk menopang kinerja operasional keseluruhan, smartphone  ini dibekali dengan baterai berkapasitas daya 3.040 mAh.

Smartphone  ini memiliki  desain  yang kompak dengan lebar 71,1mm, dengan bobot hanya 185g dan dilengkapi empat mikrofon yang ditempatkan sesjajar di bagian bawah, plus speaker stereo (loudspeaker + earpiece).

Esensial  PH-1  dibanderol dengan harga  700 USD setara dengan Rp9,4 juta-an  atau Anda bisa membayar USD $ 750 (setara dengan  Rp. 10.1 jutaan)  untuk mendapatkan  aksesoris  kamera 360 ° yang digabungkan dengan Essential PH-1. Adapun  asksesori pendukung lainnya untuk Essential PH-1 akan diluncurkan  dalam waktu dekat.

Saat dijual, smartphone ini akan tersedia dalam dua pilihan warna yakni Black Moon dan Pure White - dengan dua varian  lagi  yang akan   diperkenalkan dalam waktu dekat  yakni  Stellar Grey dan Ocean Depths.

Namun perlu dicatat bahwa peluncuran  dan penjualan  Essential PH-1  saat ini untuk sementara  dibuka  pasar Amerika Serikat. Essential juga belum memberikan kerangka waktu kapan  ketersediaan smartphone  tersebut ke pasar global. (Naris/Ozi)

Sumber: GSMArena