pulsa-logo

Asus Kenalkan Jajaran Laptop Gaming ROG dengan AMD Ryzen


Galing

Rabu, 31 Mei 2017 • 14:31


Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Perhelatan pameran teknologi komputer Computex 2017 yang digelar di Taipei, Taiwan pada tanggal 30 Mei – 2 Juni 2017 kerap dimanfaatkan oleh pabrikan komputer dunia untuk memperkenalkan berbagai inovasi canggihnya. Salah satu pabrikan komputer yang ikut berpartisipasi dalam pameran ini adalah Asus. Dalam konferensi pers yang diadakan, Asus memperkenalkan empat buah laptop gaming kepada publik yang kini berada di bawah sub-brand “Republic of Gamers” atau lazim disingkat ROG. Menariknya, salah satu dari keempat laptop yang diperkenalkan bakal mengusung CPU AMD Ryzen yang sempat mencuri perhatian dengan harganya yang murah serta performanya yang bersaing ketat dengan prosesor buatan Intel. Penasaran? Simak tulisan selengkapnya berikut.

1.       ASUS ROG ZEPHYRUS GX501

Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Laptop besutan Asus ini hadir dengan dimensi bodi yang tipis sekitar 0,66 inci atau setara dengan 1,67 cm. Meski tipis, laptop ini sudah dijejali dengan chip grafis GeForce GTX 1080 di dalamnya. Memanfaatkan teknologi optimalisasi arsitektur Nvidia “Max-Q” yang baru, laptop ini dapat dikemas dengan dimensi yang lebih tipis serta berkinerja tangguh sambil terus mengonsumsi daya yang lebih hemat. Hasilnya, laptop ini selain tampil lebih ramping juga terbukti tidak cepat panas. Sistem pendingin Active Aerodynamic System (AAS) siap menjaga temperatur laptop yang dibekali dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ dan Nvidia GTX 1080 ini agar tetap dingin.

Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Sistem pendinginannya ditunjang oleh pipa penyalur udara panas khusus, radiator serta kipas blower AeroAccelerator yang dipasang pada setiap chip. Chip grafis GTX 1080 juga dibekali dengan radiator tambahan yang akan aktif saat laptop digunakan untuk bermain game. Sementara dua pipa penyalur panas tambahan diletakkan di antara dua chip dengan satu pipa tambahan lainnya diimplementasikan untuk membuang hawa panas dari rangkaian power laptop. Sedangkan untuk keyboard yang dibenamkannya telah dilengkapi pula dengan RGB Illumination yang akan memancarkan cahaya di kegelapan. Pengguna bahkan dapat pula melakukan kustomisasi efek tombol QWER dan WASD dengan beberapa efek bawaan yang disertakan.

2.       ASUS ROG STRIX GL72027C


Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Laptop yang dibekali dengan CPU AMD Ryzen ini telah dijejali pula dengan chip grafis Radeon RX 580. Laptop yang bakal rilis pada musim panas ini nantinya akan menyediakan tiga pilihan varian prosesor yaitu CPU AMD Ryzen 7 1700, AMD Ryzen 5 1600 dan AMD Ryzen 3 1200. Berbeda dengan laptop Zephyrus diatas, dimensi dari laptop gaming ini akan jauh lebih tebal dengan ukuran sekitar 1,3 inci atau sama dengan 3,3 cm. Bobotnya sendiri kurang dari 7 pon atau sekitar 3 kilogram. Layar monitornya tersedia dalam tiga pilihan resolusi serta refresh rate masing-masing 3,840 x 2,160@60Hz, 1,920 x 1,080@75Hz, and 1,920 x 1,080@120Hz. Ketiga varian laptop ini nantinya akan mendukung AMD FreeSync yang akan menyesuaikan refresh rate dari chip grafis Radeon RX 580 yang disematkan di laptop dengan nilai yang didukung oleh layar monitor sang laptop. Penyesuaian atau sinkronisasi ini diperlukan untuk mengurangi screen tearing atau jeda pada tampilan visual layar. Sedangkan untuk jenis layar yang dipakai masih bertahan dengan IPS LCD yang sanggup menyajikan gambar berkualitas tajam dengan sudut pandang yang lebar.

3.       ASUS ROG STRIX SCAR EDITION and HERO EDITION

Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Strix Scar Edition merupakan laptop yang dibuat sedemikian rupa untuk meningkatkan pengalaman bermain game berjenis penembak orang pertama atau first person shooter. Sementara untuk Hero Edition sengaja dirancang untuk memberikan pengalaman bermain game yang terbaik kepada gamer yang menyukai game bergenre Multiplayer Online Battle Arena. Kedua laptop anyar ini nantinya akan dikemas dalam desain brushed-metal berwarna hitam.

Foto: Digital TrendsFoto: Digital Trends

Pada bagian belakang Hero Edition, Asus memberikan aksen diagonal dengan kesan tampilan visual yang berbeda. Sedangkan Strix Scar Edition percaya diri dengan tampilan bagian belakang konvensional ala ROG. Kedua model laptop ini sebenarnya dibuat berdasarkan dua produk laptop Asus sebelumnya yakni ROG Strix GL503 and ROG Strix GL703. Dari kedua laptop tersebut, Asus akan menawarkannya ke konsumen dalam tiga edisi yang mencakup Scar Edition, Hero Edition serta versi Netral alias tanpa tambahan tema. Spesifikasi kunci kedua laptop ini termasuk prosesor generasi ketujuh Intel Core i7, Nvidia GeForce GTX 10 Series, layar dengan refresh rate 120Hz serta waktu respon hanya sekitar lima milidetik.

4.       ASUS ROG STRIX GL702VI

Versi terjangkau dari seri ROG Asus ini nantinya akan hadir dengan bekal chip grafis Nvidia GeForce GTX 1080 pada layar monitor berdiagonal 17 inci. Konfigurasinya tersedia dalam opsi Intel Core i5 atau i7, RAM DDR4 berkapasitas hingga 32GB, layar monitor dengan refresh rate hingga 120Hz serta penyimpanan SSD dengan port PCi Express 3.0. Sayangnya hingga saat ini belum ada rincian lebih lanjut terkait harga dan ketersediaan laptop ini di berbagai wilayah.