pulsa-logo

Intel Luncurkan Core X-Series, Coffee Lake, dan Compute Card


Fauzi

Rabu, 31 Mei 2017 • 14:35

Intel Core X-Series


Masih dari ajang Computex Taipei  2017, kali ini kabar datang dari sang pembesut prosesor papan atas, Intel. Hadir di ajang tahunan ini Intel diketahui merilis jajaran prosesor ekstrim generasi terbaru yang disebut Intel Core X-Series, keluarga chipset Core "Coffee Lake" generasi ke-8, dan rincian lebih lanjut tentang platform Compute Card-nya.

Adapun  Intel  Core X-Series memanfaatkan fleksibilitas sejati arsitektur PC dan menawarkan platform desktop yang paling terukur, mudah diakses dan canggih. Seperti diungkapkan oleh  Gregory Bryant (wakil presiden Intel)  yang  menjelaskan bahwa Intel Core X-adalah prosesor desktop paling ekstrem yang pernah diperkenalkan.

Dengan berbagai opsi dan titik harga yang sesuai, keluarga prosesor Intel Core X-series  generasi yang  terbaru ini  memberikan platform desktop paling terukur dan mudah diakses untuk komunitas dan pengguna desktop untuk kebutuhan yang berat.

Chipset di Core X-Series akan menawarkan hingga 18 core prosesor dan 36 thread, menskalakan jajaran prosesor x86 ke tingkat performa di atas rata-rata. Dengan harga di kisaran USD$ 1.000 (setara Rp13 juta-an) sampai $ 2.000 (setara Rp26 juta-an) harga ini tidak termasuk motherboard baru yang Anda perlukan untuk menjalankan chipset tersebut.

Prosesor Intel Core X-Series yang unlocked (tidak terkunci) dirancang untuk mengukur kebutuhan kinerja Anda dengan menggunakan dua core tercepat pada frekuensi yang lebih tinggi dan sampai 18 core saat  dibutuhkan untuk menjalankan mega-tasking yang ekstrem.

Beberapa fitur baru juga dihadirkan di dalam Core X-Series  ini termasuk kemampuan untuk melakukan overclock setiap inti secara terpisah, kontrol rasio AVX untuk stabilitas yang jauh  lebih  baik, dan kontrol voltase VccU yang dapat dihandalkan saat menghadapi pekerjaan berat dan ekstrim.

Intel juga mengatakan  bahwa mereka akan merilis mikroprosesor Inti "Coffee Lake" generasi ke-8 di paruh kedua tahun 2017, yang menawarkan teknologi iteratif lain dari chip generasi sebelumnya. Artinya, generasi penerus ini masih dibangun di atas prosesor 14nm yang dimiliki oleh pendahulunya.


Lalu kapan Intel akan mulai menggarap  processor 10nm? Disebutkan bahwa Intel tidak akan bergerak ke teknologi  10nm sampai dengan  tahun depan.

Dengan sekitar 30 persen kenaikan kinerja atas prosesor "Kaby Lake" yang diperkenalkan  hari ini, Intel mengatakan akan membagikan rincian lebih lanjut tentang chip ini pada  akhir tahun 2017.

Sedangkan untuk Compute Card, Anda mungkin ingat bahwa Intel sebelumnya sempat mengumumkan solusi komputasi modular  di CES 2017. Dan kini, Intel sepertinya ingin    berbagi lebih banyak informasi tentang spesifikasi perangkat keras yang memiliki solusi  komputasi modular. Selain itu, Intel juga mengungkapkan lebih banyak hal terkait dengan  perangkat mitra yang menjalankan Compute Card  yang rencananya  akan  mulai dipasarkan tahun ini.

Compute Card  akan tersedia dalam berbagai konfigurasi, mulai dari sistem berbasis Celeron/ Pentium yang masuk ke dalam kategori perangkat low-end hingga varian Y-series Core i3 dan i5 yang lebih mumpuni. Masing-masing akan mendukung 4 GB RAM dan 64 GB eMMC (pada perangkat kelas low-end) dan penyimpanan SSD 128 GB. (Naris/Ozi)

Sumber: Thurrot