pulsa-logo

Hadapi Pemain Global, Bukalapak Andalkan Inovasi dan 100 Ribu Agen


Fauzi

Kamis, 01 Juni 2017 • 14:19

Bukalapak.com


Bos Bukalapak, Achmad Zaky, berbagi kisah sengitnya persaingan antara pelaku bisnis ecommerce di tanah air. Kehadiran pemain global dengan modal besar tentu memaksa pemain lokal untuk semakin kreatif agar tidak kehilangan pengguna setianya.

"Repotnya bisnis digital di Indonesia ini itu karena marketnya terbuka, jadi semua orang bebas masuk ," kata Zaky, dalam buka puasa bersama media di Restoran Bunga Rampai, Jakarta Pusat, Rabu, 31 Mei 2017.

“Bahkan pemerintah jelas sekali peraturannya, diatas 1 million USD atau diatas satu triliun rupiah boleh masuk, silakan. Ini yang menjadikan pemain-pemain luar wah dapat angin segar, ” tambah Zaky.

Menyikapi ketatnya persaingan ini, CEO Bukalapak tersebut juga mengungkapkan,” Beberapa hal lagi yang dilakukan Bukalapak adalah kita menciptakan inovasi-inovasi baru yang tidak diciptakan oleh pemain-pemain lain terutama pemain-pemain luar,”

Di antara inovasi yang telah dilahirkan tersebut termasuk dengan meluncurkan program Buka Reksa serta mengadakan perekrutan agen-agen Bukalapak yang tersebar hingga ke seluruh pelosok nusantara.

Baru diluncurkan tiga bulan lalu, Buka Reksa telah berhasil menjaring nasabah sebanyak 30 ribu orang. Ini artinya program investasi jangka panjang dari Bukalapak tersebut telah berhasil menghimpun sekitar 7% nasabah dari total 400 ribu jumlah nasabah yang saat ini ada di Bursa Efek Indonesia.

Kesuksesan yang sama juga berhasil diwujudkan oleh Bukalapak dengan program rekrut agen di daerah-daerah. Hanya dalam waktu tiga bulan diluncurkan, sudah ada 100 ribu agen di seluruh daerah yang berhasil digandeng oleh Bukalapak.


Agen Bukalapak sendiri terdiri dari berbagai macam profesi, mulai dari ketua Karang Taruna, ketua RT, hingga pemuka agama. Nila transaksi yang dibukukan oleh agen tersebut bahkan telah memberikan kontribusi sebesar 8% dari total nilai transaksi yang ada di Bukalapak.

Melalui kerja keras dan inovasi, Bukalapak pada tahun ini bahkan telah berhasil memperoleh pendapatan bersih hingga 20 miliar setiap bulannya.

Sementara untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Bukalapak menggelar promo "Berbuka dapat Amplop". Ini adalah program cashback yang berlangsung dari 19 Mei hingga 22 Juni mendatang.

Untuk pengguna yang ingin mendapatkan amplop cukup melakukan verifikasi akun dan update aplikasi Bukalapak yang dimiliki. Tiap pengguna berhak mendapatkan satu amplop dari satu transaksi bernilai minimum Rp 100 ribu termasuk ongkos kirim, melalui aplikasi Bukalapak.