pulsa-logo

Nokia 9 akan Menjadi Pesaing Berat di Kelas Flagship, Ini Alasannya


dian iskandar

Selasa, 06 Juni 2017 • 01:07

Nokia,Nokia 9,fitur Nokia 9,flagship Nokia,harga Nokia 9,spesifikasi Nokia 9


PhonearenaPhonearena

Nokia telah kembali ke industri ponsel. Meski dengan strategi yang berbeda, tapi Nokia tetaplah Nokia. Masih punya taji dan masih dicintai oleh penggemarnya. Lewat beberapa tiga produk, Nokia 3 4 dan 6 sebagai misi comeback-nya, perusahaan asal Finlandia ini banyak menyita perhatian publik. Yang terbaru, Nokia ttengahnya menyiapkan flagship bertajuk Nokia 9.

Dari beberapa bocoran prototip dan aplikasi bencmaking populer, Nokia 9 punya fitur yang bakal membuat para competitor ‘gerah’.Tapi apakah Nokia 9 akan mampu bersaing di pasaran? Mengingat tahun ini brand-brand besar lainnya telah memiliki loncatan besar. Samsung lewat Galaxy S8, LG dengan seri G6 dan iPhone kabarnya akan membawa banyak pembaruan di produk mendatang.

Nah, menurut Phonearena, Nokia 9 tetap punya taji yang harus diperhitungkan. Apa saja itu?

Desain klasik dan solid yang berkualitas

Dari bocoran gambar yang diunggah oleh Evan Blass , yang diasumsikan sebagai Nokia 9, bisa ditarik kesimpulan yang baik tentang maupun dari segi desain. Ini akan terlihat sangat mirip dengan produk-produk Nokia sebelumnya, tampilan 9:16, di atas aluminium unibody. Nah, yang akan berbeda dari ‘saudara kandungnya’adalah adanya dual-camera yang disusun vertikal.

Desain yang disandangnya jadi pertaruhan yang aman pada hampir semua pabrkan, pendekatan kelasik terhadap ponsel cerdas, dengan aspek rasio yang tak perlu dipertanyakan lagi, layar edge-to-edge, atau tanpa bezel. Hanya smartphone murni, tanpa basa-basi. Sony tampaknya menjadi satu-satunya produsen besar lainnya yang melakukan hal ini, dan Xperia XZ Premium punya kans untuk mengambil ‘kue’ di 2017.

Apa yang dibutuhkan Nokia untuk mengalahkan Sony? Satu kata, daya tahan. Ketika sampai pada tes penyiksaan, hanya sedikit orang yang berhasil melakukannya dengan benar dan bersikap objektif. Salah satunya adalah YouTuber yang dikenal sebagai JerryRigEverything.


Dia membuat dua video dengan Nokia 6 - salah satu tes "Gesek, Bakar, and Tekuk" yang sudah ikonik dan video teardown. Kedua tes tersebut menegaskan bahwa Nokia 6 dibangun untuk menahan banyak siksaan, berkat bahan alumiuniumdi dalamnya. Yang menarik adalah, Nokia 6 masuk kategori kelas menengah, dan ini berarti Nokia 9 akan punya daya tahan yang baik.

Kinerja Cepat

Nokia 6 sekali lagi dijadikan patokan oleh Phonearena untuk menarik kesimpulan. Dan menurutnya, Nokia 9 akan hadir dengan OS Android asli. Ini berarti tidak akan ada bloatware tambahan dan tidak ada yang aplikasi terinstal sebelumnya, selain bawaan asli Android, seperti halnya yang ada di Nokia 6.

Dari sisi perangkat keras, Nokia 9 dikabarkan akan didukung oleh prosesor terbaru dan terbaik Qualcomm Snapdragon 835  dan RAM 4 GB. Kombinasikan perangkat keras yang mengagumkan ini dengan OS yang ringan, dan Anda mendapatkan perangkat yang seharusnya memiliki kinerja cepat.

Asumsi ini juga ditegaskan kembali oleh hasil Geekbench, salah satu aplikasi benchmarking terpopuler, yang diduga berasal dari Nokia 9. Menurut data tersebut, flagship HMD yang belumdiumumkan tampil lebih baik dari pada kebanyakan flagship generasi terbaru.

Meski begitu, hasil ini berasal dari versi Geekbench yang lebih tua, jadi masih belum diketahui bagaimana hal itu akan sesuai dengan dalam pemakaian sehari-hari. Namun, bisa diasumsikan bahwa jika tidak (bisa) mengungguli pesaingnya, maka juga tidak akan jauh tertinggal.

Harga kompetitif

Sulit untuk membuat prediksi yang akurat ketika menyangkut harga Nokia 9. Tetapi jika kita berpatokan pada Nokia 5 dan 6, kita dapat dengan aman berasumsi bahwa harga akan berada di bawah persaingan.

Sebagai contoh, pesaing utama Nokia 6 ini jelas Samsung Galaxy A7 (2017), dan perbedaan antara keduanya dalam hal harga sekitar 100 Euro. Itu berarti sekitar 112 dolar AS, dan di pasar mid-range, harganya sekitar sepertiga sampai seperempat dari harga sebuah perangkat.

Nah, semua tentang Nokia 9 ini masih bersifat asumsi , sebab perangkat ini memang belum diumumkan secara resmi. Yang jelas, fitur dan harga akan menentukan posisi Nokia 9 di masa mendatang untuk bisa bersaing dengan flagship lainnya. (*)

Sumber: Phonearena

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44