pulsa-logo

Apple Kuasai 83% Keuntungan di Industri Smartphone Global Pada Q1 2017


dian iskandar

Selasa, 06 Juni 2017 • 01:30

Apple,pasar smartphone dunia,apple vs Samsung,iPhone 7,Samsung Galaxy S8


Apple memang satu level di bawah Samsug untuk penjualan smartphone di triwulan pertama 2017. Tapi soal keuntungan, Apple lebih banyak menghasilkan uang ketimbang pabriksan asal Korea itu.

Sebuah laporan terbaru dari firma riset Strategy Analytics menunjukkan bahwa Appletelah menyumbang 83,4% dari keuntungan operasi gabungan dari pasar smartphone global untuk triwulan pertama 2017, meningkat 3,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini berarti apple berhasil meraih keuntungan finansial sekitar 10,1 miliar dolar AS.

Sementara itu, Samsung berdiri di posisi kedua, meraup12,9% atau 1,57 miliar dolar AS laba operasi. Ini merupakan penurunan yang signifikan dibandingkan dengan 21,9% yang pernah dicatatnya pada triwulan pertama 2016. Menurut pengamat industri, Samsung telah berjuang untuk meningkatkan profitabilitasnya karena kejenuhan pasar yang umumnya merosot.

Lalu bagaimana dengan sisanya? Ada Sekitar 3,7%.Berbicara kepada Yonhap News, seorang pakar pasar mengemukakan situasinya; “Dari sekitar 300 pembuat smartphone, hanya sekitar 10 perusahaan yang menghasilkan keuntungan. Dalam hal profitabilitas, dominasi Apple dan bipolarisasi pasar antara perusahaan yang menghasilkan uang dan mereka yang berjuang untuk menghasilkan keuntungan menjadi jelas”.(*)

Sumber: Phonearena