pulsa-logo

Apple WWDC 2017 dan 8 Pengumuman Penting


dian iskandar

Selasa, 06 Juni 2017 • 18:49

iOS 11,Apple,WWDC 2017,Homepos,iMac Pro,WatchOS 4,Tim Cook,Steve Jobs


Screenshot WWDC@Apple.comScreenshot WWDC@Apple.com

Ajang WWDC (Worldwide Developer Congress) tahun ini baru saja digelar kemarin di San Jose, California. Dibuka dengan sebuah video menarik yang memperlihatkan arti pentingnya developer dalam pengembangan apps di ekosistem Apple, sejumlah pengumuman penting silih berganti mengisi acara dari awal hingga akhir.

Bagi yang ketinggalan dan penasaran akan event tahunan ini, PULSA punya rangkumannya.

Setidaknya ada 9 pengumuman penting di acara ini, baik yang terkait hardware maupun software.

1.      Watch OS 4

Pengumuman pertama adalah tentang update software untuk Apple Watch.  Apple akan merilis Watch OS 4 dengan sejumlah peningkatan, terutama di sisi tampilan. Apple Watch OS 4 akan rilis di musim gugur, bersamaan dengan iOS 11 dan App Store versi terbaru.

Apa saja yang berubah? Ada tambahan watch face baru bertema Toy Story, dan kaleidoskop yang menyulap foto apapun ke dalam bentuk yang unik, lalu ada app workout yanglebih baik serta fitur musik yang lebih mengenali penggunanya.

2.      MacOS High Sierra


Selanjutnya Tim Cook mengumumkan semua perbaruan di perangkat Mac nya, dimulai dari perkenalan sebuah Mac OS baru yang diberi nama High Sierra. Pada dasarnya OS ini merupakan penyempurnaan dari OS sebelumnya, Sierra. Termasuk di dalamnya peningkatan fitur dan performa.

Lebih dalam lagi, sejumlah format media anyar diperkenalkan, termasuk dukungan virtual reality, GPU Metal 2, dan penggunaan Apple File System terbaru untuk keamanan dan kecepatan membaca data. OS ini siap didownloa sebagai upgrade gratis pada musim gugur depan.

3.      iMac

Sejumlah pengembangan di sisi hardware dimulai dari diperkenalkannya iMac terbaru. Berkonsentrasi pada display yang lebih baik, termasuk varian 4K retina Display dan performa grafis 80 % lebih baik dari seri sebelumnya, iMac anyar dan High Sierra dipercaya sanggup untuk mendukung pembuatan konten yang lebih advance.

Selain grafis dan performa, iMac anyar ini juga membawa kinerja yang stabil dengan kecepatan membaca data 50% lebih cepat dari versi sebelumnya.

4.      iMac Pro

Pengumuman iMac Pro dimulai dengan memberikan petunjuk bahwa produk ini akan dirilis pada akhir tahun 2017 dan sebuah video sneak peek memperlihatkan keanggunan perangkat ini.

iMac Pro merupakan workstation terkuat yang akan dirilis oleh Apple dengan dukungan spesifikasi yang pas untuk kebutuhan para profesional. Dengan chipset Xeon mulai dari 8 inti, hingga 18 inti, maka performa iMac Pro dianggap paling pas untuk melakukan produksi multimedia 4K, dalam format 2D maupun 3D. Dan yang pasti menggunakan grafik Radeon Pro Vega, perangkat ini siap untuk kebutuhan Viryual Reality yang berjalan mulus.

5.      iOS 11

Seperti halnya Mac OS High Sierra yang dirilis untuk meningkatkan kemampuan OS sebelumnya, iOS 11 untuk iPad dan iPhone ini juga dirilis untuk meningkatkan pengalaman pengguna iOS lawas dengan menawarkan sejumlah kemudahan dan penyempurnaan pada fitur-fitur terdahulu.

Sesuai dugaan, SIRI di iOS 11 akan jauh lebih lintar, karena tentu saja telah mengakumulasi informasi berharga selama ”hidup”-nya. Lalu ada tampilan dock yang baru, multitasking yang lebih baik di iPad dan sebagaina yang bersifat kosmetik. Namun ada hal menarik di sisi fotografi. Dimana Live Photo kini dibuat lebih baik lagi, membawa fitur-fitur yang mungkin sebelumnya Anda temukan di aplikasi pihak ketiga semisal Instagram. Juga kemampuan Augmented Reality (AR). iOS 11 akan diluncurkan pada bulan September atau awal musik Gugur tahun ini.

6.      App Store Versi Baru

Meskipun dianggap hanya merombak tampilan, dari tampilan app store lawas menjadi lebih mirip ke halaman Apple Music, ternyata App Store anyar ini membawa sejumlah kemudahan, terutama bagi para pengguna anyar ponsel Apple.

Kita bisa menemukan aplikasi yang sedang hot di halaman awal, langsung dapat membaca reviewnya dengan menyingkap info tersebut, lalu ada tips and trick yang muncul terkait dengan aplikasi-aplikasi yang dijual di App Store, dan semua hal yang kita butuhkan tentang palikasi tersebut. App Store anyar ini akan muncul bersama update iOS 11.

7.      iPad Pro

iPad Pro juga akan mendapatkan update. Memperkenalkan varian anyar dengan layar retina display 10.5 inci, Apple yakin bahwa iPad Pro anyar ini mampu menjadi perangkat komputasi modern yang tidak mereppotkan, lengkap dengan layar yang dapat diandalkan.

iPad Pro anyar akan dipersenjatai dengan chipset Fusion A10X Fussion yang dipercaya 30% lebih cepat dari performa chipset iPad Pro lawas. Juga kamera y ang lebih mumpuni, baik untuk dokumentasi maupun sebagai sarana berkomunikasi.

8.      HomePod

Seperti yang telah dirumorkan beberapa bulan sebelum WWDC 2017 diselenggarakan, Apple nampaknya akan serius melawan keberadaan Google Home dan Amazon Echo dengan melepas sebuah speaker pintar. Kemarin hal ini menjadi kenyataan. Apple memperkenalkan perangkat speaker dengan 7 twitter , 6 microfon dan satu subwoofer yang menghadap ke atas bernama HomePod.

Otak dari Homepod adalah sebuah chipset A8 yang mampu mengeksekusi perintah melalui SIRI dengan kalimat pembuka “Hey, Siri”. Dengan desain seperti ini, Homepod mampu memisahkan mana suara musik, dan ma suara perintah dari pengguna, dalam jarak yang bervariasi. Perangkat ini baru akan tersedia pada bulan Desember 2017.(*)

Sumber: Apple

 

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44