pulsa-logo

Samsung Garap Chipset Baru Pesaing Snapdragon 660


Fauzi

Rabu, 07 Juni 2017 • 11:49


Sebuah kabar terbaru yang bersumber dari media lokal di China menyebutkan bahwa Samsung saat ini  sedang mengembangkan prosesor octa -core generasi terbaru, Exynos 9610.

Chip prosesor ini disebut sebagai pesaing kuat dari prosesor mid-range besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 660. Perlu diketahui, chip baru yang digarap oleh Samsung ini dikatakan memiliki performa serupa dengan Snapdragon 660!

Seperti dilansir laman SamMobile, dapat diketahui bahwa prosesor Exynos 9610 akan memiliki empat inti Cortex-A73 dan empat inti Cortex-A53 dan akan diproduksi pada proses pembuatan dengan teknologi 14 nanometer. Prosesornya juga didukung ke prosesor grafis MP3 Mali-G72 serta modem Netcam Cat 13.

Menarik untuk dicatat bahwa prosesor Exynos 9610 ini mungkin akan menjadi prosesor Exynos pertama yang benar-benar mengikuti merek seri "Exynos 9". Prosesor Exynos 8895 yang ditemukan di Galaxy S8 adalah seri yang sama namun tidak mengikuti nomenklatur yang tepat.

Dari bocoran informasi tersebut dikatakan Samsung akan mulai menggunakan prosesor Exynos 9610 di perangkat konsumen pada kuartal keempat tahun ini. Namun masih terlalu dini untuk memprediksi  perangkat apa saja  yang bakal didukung oleh chipset ini. Bahkan, Samsung hingga saat ini belum secara terbuka mengatakan bahwa mereka sedang menggarap prosesor ini. (Naris/Ozi)

Sumber: SamMobile