pulsa-logo

Bocoran Lengkap Seputar Smartphone Microsoft Surface Mobile


Fauzi

Rabu, 07 Juni 2017 • 13:53

Microsoft Surface Mobile


Sudah sejak beberapa bulan lalu Microsoft dikabarkan sedang sibuk menggarap sebuah perangkat yang dinamakan Surface Mobile. Namun, sejak itu pula tidak banyak rumor dan informasi yang bisa dikumpulkan terkait smartphone andalan Microsoft tersebut. Tak ayal, sejumlah bocoran informasi tentang smartphone tersebut justru kebanyakan datang dari teaser yang  diungkapkan oleh Microsoft sendiri.

Dan kini sebuah tayangan video di akun resmi Microsoft di portal Bilibili (semacam portal  berbagi video  yang agak mirip YouTube versi Cina) memberikan beberapa rincian yang sangat menarik, terkait dengan Microsoft Surface Mobile.

Pertama, dari sisi nama, setidaknya di Cina, perangkat tidak akan disebut dengan nama Microsoft Surface Mobile, melainkan akan disebut dengan nama Suface Mobile.

On-Table Projection

Microsoft Surface Mobile saat diluncurkan nanti dikatakan akan membawa fitur dan kemampuan proyeksi dalam mode Continuum.

Artinya, Anda akan dapat menggunakan antarmuka T-desktop biasa di mana pun Anda pergi. Bagi Anda yang tidak menyadari, Continuum adalah salah satu Implementasi besar pertama dari ide desktop on-a-smartphone (terakhir terlihat di  Dex Station Samsung), dan dasarnya terlihat dan bertindak seperti   perangkat  desktop  biasa yang berbasis  Windows 10 (tapi hanya mendukung aplikasi UWP).

Microsoft Surface Mobile  juga akan mencakup beberapa jenis mode stand dan  base,  yang akan dapat bersandar hingga 185 derajat. Ada dua kemungkinan alasan untuk model desain ini. Pertama dengan kebutuhan untuk menjaga ponsel ini tetap diposisikan tegak entah bagaimana dan kedua, untuk membuatnya cocok untuk digunakan sebagai linne-up Surface.


Fitur Proyeksi dikatakan dapat digunakan untuk hanya sekitar satu jam, dan ini amat disayangkan. Ini agak logis, karena bagaimanapun fitur ini akan mempengaruhi  daya tahan baterai.  

Surface Pen

Ini mungkin adalah fitur terbesar yang bakal dihadirkan di Microsoft Surface Mobile, yakni dukungan Surface Pen. Ini juga akan menjadi model  smartphone yang dirancang khusus untuk perangkat yang didukung oleh semacam stylus yang dinamakan Surface Pen.

Di sisi software, Surface Pen akan dapat dengan mudah memanggil OneNote dengan sekali tekan pada layar perangkat, dan diklaim akan  sangat nyaman untuk  membantu pengguna dalam menuliskan  catatan  singkat  dengan cepat melalui tulisan handwriting di layar Microsoft Surface Mobile.

Perangkat Keras

Di sini kita memiliki beberapa baik dan kabar buruk. Apa yang masuk ke dalam kabar baik adalah bahwa Microsoft Surface Mobile  akan didukung oleh processor Snapdragon, yang bakal memberikan keseimbangan sempurna antara kinerja dan konsumsi daya.

Kabar buruknya adalah bahwa Microsoft hanya akan menempatkan prosesor mid-range ke smartphone andalannya tersebut. Jadi, nantinya Anda bakal melihat line up Snapdragon dengan kepala 6xx- yang menjalankan smartphone Microsoft Surface Mobile.

Namun tidak diketahui apakah  model prosesor yang akan menjalankan Microsoft Surface Mobile  adalah seri processor terbaru  yang diluncurkan Qualcomm belum lama ini yakni Snapdragon 660, yang  perolehan benchmark-nya  menunjukkan banyak potensi dan tidak kalah jika dibandingkan dengan  processor  Snapdragon kelas premium. Di sisi lain, kami juga mendengar desas-desus dari  Microsoft Surface Mobile bahwa bisa jadi smartphone ini  akan menjalankan  processor  Qualcomm  Snapdragon 835. Namun sejauh ini belum ada yang pasti.

Perangkat Lunak

Microsoft Surface Mobile kabarnya akan menjalankan beberapa versi Windows 10 Mobile. Tapi di sinilah hal-hal menarik mulai berkembang menjadi rumor yang  hangat. Salah satunya adalah nantinya ada dukungan  untuk  aplikasi Win32 (atau program EXE). Ini adalah perubahan besar untuk platform, yang telah mendukung Universal Windows Platform. Apakah dukungan untuk ini hanya   akan terbatas pada modus Continuum, sejauh ini  belum begitu jelas, tetapi  jelas ini  adalah implikasi yang sangat  menarik.

Surface Peking dan Surface Slavonia?

Terkait dengan Microsoft Surface Mobile, ada informasi yang menyebutkan dua hal yakni "Surface Peking" dan "Surface Slavonia."

Ini pasti tidak terdengar seperti fitur, atau semacam aplikasi default yang disertakan di Microsoft Surface Mobile . Sebaliknya, Surface Peking dan Surface Slavonia  kemungkinan besar  setidaknya adalah  nama-nama kode (name codes) , dua varian dari Microsoft Surface Mobile.

Ini juga bisa menjelaskan mengapa  hingga kini belum diketahui pasti jenis processor  SoC tertentu yang bakal dijalankan di Microsoft Surface Mobile. Karena bisa jadi  Surface Peking dan Surface Slavonia  adalah  dua model yang berbeda yang dibekali dengan  spesifikasi teknis  internal yang berbeda.

Prediksi

Jadi, secara keseluruhan bocoran  informasi dan rumor  tentang Microsoft Surface Mobile ini  tampaknya cukup menarik. Terlebih, beberapa saat  setelah berita ini menyebar di media, video di Bilibili itu sendiri telah dihapus, meskipun  versi cache yang tercecer  dari halaman tersebut  masih dapat ditemukan secara online.

Diprediksi, bahwa dengan  pengajuan paten Microsoft di tahun lalu  yang mengantongi desain perangkat  dengan layar dapat dilipat, perngkat hybrid, maka bukan tidak mungkin Microsoft Surface Mobile akan menerapkan desain  yang sangat inovatif.

Plus, Microsoft tidak asing dengan ide-ide inovatif dan cukup berani untuk  mengaplikasikan teknologi baru. Jadi, ada kemungkinan bahwa Microsoft Surface Mobile mungkin akan  dibuat semenarik mungkin untuk memikat pasar, dan menjadikan smartphone andalan terbaru Microsoft ini memiliki daya jual dan karakteristik berbeda dari smartphone kebanyakan yang di jual di pasaran global.

Sumber: PhoneArena