pulsa-logo

Begini Cara Google Atasi Masalah di Pixel dan Pixel XL


Fauzi

Rabu, 07 Juni 2017 • 14:15

Google Pixel


Sejak pertama kali diperkenalkan, duo smartphone Google Pixel dan Pixel XL terlahir dengan membawa banyak harapan untuk menjadi cikal bakal Google menggarap bisnis mobile. Namun ternyata duo smartphone Google itu terlahir dengan banyak diiringi oleh keluhan dan masalah yang menghampirinya.

Smartphone  Google dikabarkan banyak mendapatkan masalah dan menuai keluhan dari penggunanya  sejak rilis tahun lalu. Sebagian dari masalah itu disebabkan selama proses manufaktur, sementara yang lain kabarnya mulai muncul malah melalui pembaruan perangkat lunak di smartphone tersebut.

Sebuah thread yang agak panjang di forum produk Google dan Pixel Pixel XL berisi laporan dari banyak pemilik yang mengklaim bahwa perangkat mereka secara acak mulai mengalami freezing (layarnya nge-hang atau freeze) ketika mereka mengeksekusi atau mengoperasikan aplikasi  tertentu.

Laporan dan keluhan  ini  mulai menumpuk sejak November tahun lalu, yang berarti Google sebenarnya memiliki waktu berbulan-bulan untuk  mengatasi beberapa masalah  freezing yang mempengaruhi  Google  Pixel dan  Pixel XL tersebut.

Google  menyebut bahwa mereka telah menciptakan formulasi untuk memberikan solusi dari masalah freezing tersebut yang dihadirkan  dalam pembaruan keamanan yang dirilis pertengahan Juni tahun ini.  Google menyebutkan bahwa pembaruan perangkat lunak ini akan mengatasi banyak masalah freezing yang selama ini telah dilaporkan oleh pengguna Google Pixel dan Pixel XL. Pembaruan perangkat lunak mulai digelar via OTA hari ini dan akan terus digelar selama beberapa minggu mendatang.

Meski begitu, tidak ada jaminan bahwa perbaikan ini akan efektif bekerja untuk mengatasi semua masalah yang terjadi di Google Pixel dan Pixel XL. Layar yang kerap freezing dan kinerja perangkat , adalah masalah  umum yang dapat disebabkan banyak hal yang berbeda-beda. Namun setidaknya  langkah Google untuk merilis pembaruan perangkat lunak  untuk solusi maslah freezing  ini patut diapresiasi, bahwa Google merespon aktif keluhan penggunanya.