pulsa-logo

Qualcomm Akan Benamkan Snapdragon 836 di Galaxy Note 8?


Nariswari

Kamis, 08 Juni 2017 • 13:34


Foto: Gizmo ChinaFoto: Gizmo China

Belum lama  memperkenalkan  prosesor  high-end  terbarunya yakni Snapdragon 835 beberapa waktu lalu, kini  Qualcomm dikabarkan tengah mempersiapkan  prosesor generasi terbarunya  yakni Qualcomm Snapdragon 836. Dan processor  dengan profil spesifikasi tinggi ini akan siap pada  pertengahan kedua 2017.

Ada indikasi bahwa Qualcomm tengah mempersiapkan  prosesor anyar yang akan jadi andalan perusahaan ini di kelas hi-end. Namun begitu chipset yang bakal mereka rilis bukanlah Snapdragon 845 yang justru dikabarkan akan debut pada tahun depan. Pembuat chip yang berbasis di  A.S.  tersebut  dikatakan tengah  menggarap   chip Qualcomm  Snapdragon 836 yang merupakan versi revisi dari Snapdragon 835 saat ini.

Ini bukanlah kejadian yang pertama untuk Qualcomm karena sebelumnya chip Snapdragon 820 yang diperkenalkan  di awal tahun 2016 juga telah mendapatkan upgrade dari segi arsitektur quad-core yang digunakannya. Chipset yang dimaksud adalah Snapdragon 821 yang kemudian menjadi prosesor yang “menghidupi”sejumlah perangkat unggulan seperti LG G6, HTC U Ultra, Google Pixel dan Pixel XL.

Meski kabar rinci tentang fitur yang bakal diusung oleh chipset Snapdragon 836 belum begitu jelas,  namun dari sebuah informasi yang diperoleh dari  Weibo mengungkapkan bahwa chip andalan Qualcomm  ini  akan segera diluncurkan  pada paruh kedua tahun ini. Bahkan sebuah spekulasi yang berkembang menyebutkan prosesor ini akan memulai debutnya di perangkat Samsung Galaxy Note 8. Perangkat lain yang juga dikabarkan akan menggunakan chipset sama adalah Google Pixel 2 dan  Google  Pixel  XL 2.

Dari sisi konfigurasi, inti Snapdragon 836 akan memiliki clock  speed 2.5GHz yang akan sedikit lebih tinggi dari frekuensi 2.45GHz di Snapdragon 835. Inti yang lebih kecil kemungkinan akan memiliki kecepatan yang sama. Sedangkan GPU yang disematkan nantinya menurut narasumber yang sama akan sanggup melaju hingga kecepatan 740MHz. (Nariswari/Galing)

Sumber: GizmoChina