pulsa-logo

Ini Alasan EMS Bisa Jadi Produsen Smartphone


Hairuddin

Kamis, 08 Juni 2017 • 17:24

EMS, Pabrik, Smartphone, Lenovo, Motorola,TDK,


    

Selain menggarap perakitan ponsel Lenovo dan memperluas pabriknya, PT Tridharma Kencana (TDK) kembali membangun pabrik baru yang dikhususkan untuk merakit ponsel Motorola. Kapasitas produksinya sendiri, diprediksi mampu mencapai 400 ribu per bulan.

Menurut Hendryk L. Karosekali, CEO, PT TDK, “saat ini pelaku di industri manufaktur lokal khususnya TDK sudah menunjukan komitmen untuk membuktikan, bahwa kita bisa membuat perangkat telekomunikasi di dalam negeri kepada para pemilik brand ponsel”.

Hendrik menambahkan, tidak hanya ponsel 4G kelas menengah ke bawah yang bisa diproduksi, kelas premium pun bisa digarap. “Kami sudah mampu merakit ponsel kelas atas bahkan premium sekalipun. Seperti seri Motorola Moto Z dan Moto Z play,” tegasnya.

Hendrik mengharapkan, sinergi dari industri hulu dan hilir di ranah telekomunikasi, serta regulasi yang tegas agar aktivitas pembuatan ponsel di negeri ini bisa berjalan lancar, sesuai dengan koridor yang sudah ditetapkan.

Menurut Hendrik, TDK sendiri masuk dalam salah satu bagian perusahaan electronic manufacturing services (EMS).Bukan tidak mungkin, kedepan akan ada merek ponsel buatan Indonesia yang bisa mendunia. “Di negara Cina, pabrikan produsen ponsel berawal dari perusahaan EMS. Lama-lama mereka belajar dan meningkatkan kemampuan teknologi dan bermunculanlah produsen-produsen ponsel di negara tersebut yang mendunia,’ katanya.

Hal ini pun diamini Adrie R. Suhadi, Country Lead Mobile Business Group, Lenovo Indonesia. Menurutnya, peluang EMS memproduksi ponsel sangat terbuka. “Hal ini tergantung dari kesiapan industri dan pendukung lainnya,” tegasnya.


Adrie pun mengungkapkan kepuasannya atas kinerja TDK dalam mengemas ponsel Lenovo dan Motorola. “Hingga saat ini TDK sudah mampu menjadi pabrikan yang punya kualitas sangat baik terutama dalam merakit ponsel Lenovo dan Motorola,” katanya.

Ditambahkannya pihaknya melihat TDK terus melakukan transfer knowledge dan teknologi. “Menurut kami, ini bentuk keseriusan TDK selaku pabrikan EMS. Sampai saat ini kinerjanya oke,” pungkasnya.

Sementara itu, dukungan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian sangatlah menentukan untuk meningkatkan produksi dalam negeri. Menurut Hendrik, Kemenperindustrian menjadi salah satu faktor yang membuat produksi dalam negeri mengalami peningkatan dengan adanya TKDN manufacture.