pulsa-logo

Samsung Bakal Miliki Prosesor Grafis Sendiri ?


Fauzi

Jum'at, 09 Juni 2017 • 09:49

Samsung GPU


Sebuah  informasi yang tersaji di laman GizChina menyebutkan Samsung yang berencana untuk mengembangkan GPU sendiri yang didasari oleh prosesor Exynos SoC generasi berikutnya. Kabar ini berawal dari sebuah info yang diposting di Weico (Edisi Internasional Weibo) oleh  pengguna akun bernama @IceUniverse, yang menyebutkan bahwa Samsung telah mulai mengerjakan GPU sendiri yang akan muncul di ponsel andalannya tahun ini atau depan, dan diperkirakan akan disebut sebagai S-GPU.

Perusahaan  teknologi yang berbasis  di Korea Selatan  tersebut  selama ini  sudah membuat chipset Exynos dan menggunakannya dalam model smartphone papan atas seperti Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus.  Adapun  prosesor Exynos 8895 terdiri dari empat core CPU custom gen 2 dan empat core Cortex-A53 yang  diklaim hemat energi namun Exynos generasi selanjutnya kemungkinan akan menggunakan S-GPU.

Saat ini,  Samsung sedang dalam pembicaraan dengan NVIDIA dan AMD untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan  untuk  membuat GPU garapan Samsung  sendiri, namun  belum diketahui  siapa yang akan mereka ajak bekerja sama.

NVIDIA di satu sisi adalah salah satu perusahaan paling terkenal di industri chip grafis (GPU)  ini dan sudah membuat  seri-seri GPU untuk Tablet SHIELD dan SHIELD TV-nya. Sementara itu AMD di tempat lain bekerja sama erat dengan Qualcomm dan telah memiliki kehadiran yang kuat di pasar dengan GPU Adreno-nya. Dan memiliki posisi yang sangat kuat  dalam adopsinya di pengelolaan grafis di banyak  smartphone global.

Sumber: GizChina