pulsa-logo

Google Play Store Banyak Diskon Selama Ramadan


Arief Burhanuddin

Senin, 12 Juni 2017 • 16:32

Google Play Store, apps, aplikasi, Ramadhan, diskon play store


Ramadan tidak hanya menjadi waktu yang tepat untuk melakukan refleksi diri dan berkumpul bersama teman atau sanak family. Menurut creator dari Google, Ramadan juga dimanfaatkan oleh pengguna tablet dan smartphone Android untuk ‘berkeliling’ ke dunia maya dan mencari beragam aplikasi yang dapat membantu mereka beribadah atau mendapatkan pengalaman menarik selama Ramadan.

Belum ada data yang dikeluarkan oleh Google mengenai berapa angka unduhan aplikasi selama Ramadan mengingat saat tulisan ini dibuat, bulan Ramadan masih berlangsung.  Namun mereka mengklaim bahwa ada 82 miliar aplikasi telah diunduh selama kurun waktu bulan Mei tahun lalu hingga bulan Mei tahun ini.

Aplikasi-aplikasi di atas laris manis diunduh di Arab Saudi.

Salah satu penyebab mengapa aplikasi Ramadan banyak diminati adalah karena sebagai besar tidak berbayar alias gratis. Najeeb Jarrar, manajer pemasaran produk untuk Google Middle East dan Afrika Utara mengatakan bahwa jenis aplikasi yang diunduh bervariasi tidak hanya aplikasi religi, namun juga aplikasi-aplikasi hiburan dan aplikasi untuk mengisi waktu selama puasa.

"Selama bertahun-tahun, pengguna Android di Uni Emirat Arab mengunduh baik aplikais yang sudah popular sebelumnya seperti aplikasi doa dan resep, maupun aplikasi-apilkasi baru. Kami juga melihat lonjakan aplikasi yang berhubungan dengan traveling yang masuk dalam kategori gaya hidup saat menjelang Idul Fitri. Untuk mengisi waktu (selama Ramadan) merekja juga mengunduh berbagai aplikasi permainan dan  buku digital " kata Jarrar kepada Gulf News.

Jarrar selanjutnya menunjukkan bahwa pengguna sering bergonta-ganti aplikasi karena ingi n mencari pengalaman yang berbeda di waktu yang berbeda. Aplikasi-aplikasi praktis yang membantu pengguna untuk mengatur waktu selama Ramadan sangat banyak dicari pada awal-awal bulan puasa. Hal ini terkait dengan antisipasi terhadap perubahan pola jam kantor yang memiliki durasi lebih pendek dari bulan-bulan biasa.

Jarrar mengatakan, "Kami melihat adanya lonjakan (unduhan) jenis aplikasi yang membantu pengguna mengetahui waktu sholat, dan juga aplikasi organisasi kalender yang membantu pengguna untuk merencanakan jadwal mereka, serta aplikasi yang dapat mengingatkan waktu sahur dan buka puasa.


Beberapa hari sebelum bulan Ramadan dimulai, kami juga melihat pengguna mulai mengunduh aplikasi perancang kartu ucapan atau pesan ucapan Ramadhan yang hasil karyanya cenderung mereka bagikan dengan teman dan keluarga pada saat awal Ramadan. " Sementara saat Ramadan, trennya agak berbeda. "Kami melihat lebih banyak pengguna yang memasang aplikasi ibadah, pencarian resep dan juga aplikasi memasak, dan karena jam kerja lebih pendek, mereka juga mencari buku digital dan aplikasi hiburan umum." KataJarrar.

“Aplikasi alarm juga lumayan populer,”Lanjutnya. "biasanya mereka mengunduh aplikasi ini untuk membantu membangunkan di saat sahur ".

"Selama pertengahan bulan, pengguna cenderung mengunduh aplikasi untuk membantu mereka tetap sehat, seperti aplikasi kebugaran dan olah raga." Imbuh Jarrar

Saat mendekati Idul Fitri, polanya berbeda lagi. "kami melihat lebih banyak pengguna yang merencanakan liburan mereka dan kemudian mengunduh beberapa aplikasi perencana perjalanan dan travelling untuk mendapatkan  penawaran tiket hotel dan penerbangan terbaik, selain aplikasi foto dan editing untuk mempercantik foto yang akan mereka ambil selama liburan" .

Banyak Diskon di Google Play Store

Bagaimana dengan pola unduhan aplikasi Google Play di Indonesia selama bulan Ramadan? Saat inipun belum ada angka yang pasti mengenai berapa kali pengguna Indonesia mengunduh aplikasi selama Ramadan dan juga aplikasi apa saja yang laris manis selama bulan puasa ini.

Namun demikian, Google tampaknya tak ingin melewatkan momen puasa ini begitu saja. Tercatat, berbagai macam promo mereka gelar guna menarik pengguna untuk mengunduh berbagai macam aplikasi.

Buat pecinta game, Google menawarkan diskon hingga 80% untuk pembelian game. Anda bahkan bisa mengunduh game seharga Rp600 saja. Game-game populer seperti Real Steel, Assasin Creed, Hitman Go bisa Anda dapatkan dengan harga murah. Bahakan game seperti Need for Speed  Most Wanted bisa Anda dapatkan dengan banderol 4000 rupiah saj.

Google juga menyediakan diskon hingga 80% untuk pembelian in-game permainan-permainan tertentu. Tercatat, ada game seperti Hill Climbing Racing 2, Dragon Mania, Golf Clash, Townshiphingga Panda Pop yang bisa Anda beli fitur-fitur in-gamenya dnegan promo diskon tersebut.

 

Bagi pecinta buku yang ingin mengisi waktu puasa dengan membaca kisah-kisah menarik,  Google Play saat ini menggelar program “Promo Ramadan Rp19.800”. Promo ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh berbagai macam eBook seharga Rp19.800. Selain buku-buka novel dan cerita, Google juga menyediakan berbagai buku religi untuk menemani Anda selama menjalankan puasa.

Pencarian selama Puasa

Sementara itu, jika kita mengamati pencarian Google yang berhubungan dengan puasa, akan didapati fakta-fakta menarik.

Saat  memasukkan kata kunci ‘puasa’ melalui fitur Google trend, maka terlihat bahwa pencarian orang Indonesia tak akan jauh-jauh dari kebutuhan mereka selama puasa. Yang menarik terkait dengan kata kunci tersebut, “menu buka puasa” merupakan kata pencarian yang paling banyak dimasukkan dalam mesin pencari Google.

Selanjutnya ada kata “niat puasa ramadhan” dan “doa puasa” di urutan kedua dan ketiga.Uniknya, ada pencarian dengan kata “gambar lucu puasa” yang terselip dalam daftar 10 besar pencarian di Google yang terkait dengan keyword puasa. Hal ini menunjukkan bahwa selain mencari hal-hal yang yang berhubungan dnegan ibadah, orang Indonesia juga melakukan pencarian berbagai hal yang dapat duigunakan untuk mengisi waktu selama puasa, termasuk hal-hal lucu dan menarik.

@ariefburhan/ Gulf news/berbagai sumber