pulsa-logo

TAPP Market Merambah Surabaya


dian iskandar

Selasa, 13 Juni 2017 • 18:43

TAPP market,toko online,lazada,tokobagus,tiket.com


Penandatangan kerjasama Karang Taruna Kota Surabaya (Ketua Karang Taruna Kota Surabaya Bapak M. Arif An) dengan Tapp Market (Eko Sudarmono Area Manager Surabaya)Penandatangan kerjasama Karang Taruna Kota Surabaya (Ketua Karang Taruna Kota Surabaya Bapak M. Arif An) dengan Tapp Market (Eko Sudarmono Area Manager Surabaya)

Jenis e-commerce yang sedang mendominasi pasar Indonesia adalah marketplace, dimana persaingan antara marketplace telah menjadi semakin ketat belakangan ini. Dilain sisi pasar e-commerce di Indonesia yang terutama masih datang dari kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Namun seiring berjalannya waktu, sudah semakin banyak kota-kota kecil yang berbelanja secara online.

Keterbatasan fasilitas perbankan menjadi hambatan utama bagi perkembangan e-commerce di banyak wilayah Indonesia, dimana pembayaran melalui transfer bank dan kartu kredit masih menjadi pilihan utama yang ditawarkan kebanyakan marketplace. Namun Tapp Market yang menawarkan sistem belanja online, pembeli dapat membayar secara tunai di agen Tapp terdekat.

Sejak awal diluncurkan pertengahan tahun 2015, aplikasi Tapp Market memang berfokus kepada bagaimana mempertemukan penjual dan pembeli dapat bertemu di suatu lokasi untuk bertransaksi secara mudah, cepat, aman dan tunai. Peta digital menjadi bagian menarik di dalam aplikasi, dimana agen Tapp dapat mengumumkan sendiri lokasinya berada untuk dapat ditemukan oleh pembeli. Demi keamanan dan kenyamanan, transaksi pun dapat mengunakan QR-Code yang sudah mulai populer di Indonesia.

Salah satu kota dimana perkembangan pengguna Tapp Market tumbuh dengan pesat adalah Surabaya dan sekitarnya. Karena keunikan aplikasi dan layanannya, Tapp Market mulai menjadi aplikasi marketplace yang banyak digunakan oleh masyarakat yang kotanya berudara sejuk dan banyak dihuni oleh pelajar ini. Pertumbuhan pengguna smartphone tentunya juga menjadi faktor pendorong semakin banyaknya pengguna Tapp Market di Surabaya.

Untuk pasar wilayah Surabaya sendiri, Tapp Market sudah memiliki Team Business Development semenjak 2015. Area Coordinator Tapp Surabaya, Eko Sudarmono mengatakan “Semenjak tahun lalu kami sudah sangat giat merekruit agen-agen Tapp dari berbagai kalangan, seperti pedagang, mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan, dll. Selain itu kami juga dengan agresif bekerjasama dengan berbagai pihak yang berniat memasarkan produknya di Tapp Market, seperti UKM, Pengrajin Kecil, Koperasi, dll. Setiap Agen Tapp memiliki peluang untuk memperoleh profit dengan menjual produk dari supplier/merchant Tapp, dengan kata lain dia tidak harus memiliki produk sendiri.”

Agen Tapp di wilayah Surabaya sudah mencapai ribuan jumlahnya dari total 65.565 yang ada di seluruh Indonesia. Mereka tersebar di Surabaya Kota, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Surabaya Barat, Surabaya Selatan. Seluruh Agen Tapp yang jumlahnya ribuan tersebut dapat ditemukan oleh pembeli melalui peta Agen yang ada di dalam aplikasi. Selain itu Tapp Market juga sudah menjalin kerjasama dengan Koperasi Mahasiswa dari berbagai Universitas terkenal di Kota Surabaya, seperti UNAIR, UNTAG, UNUSA, ITS, UNIRO Tuban, “Melalui berbagai seminar dan diskusi, Team Tapp Market secara aktif dan secara berkala memberikan pelatihan kepada para mahasiswa mengenai kewirausahaan digital dan bagaimana dapat mengembangkan jiwa enterpreneurship menggunakan aplikasi yang kami bangun”, ujar Eko Sudarmono, Area Coordinator Tapp Market Surabaya. Selain itu Tapp Market akan membantu memasarkan produk local dari anggota Karang Taruna melalui aplikasi Shopkeeper.(*)