pulsa-logo

Bajak Tenaga Ahli dari Apple, Google Siap Bikin Chipset Prosesor Sendiri?


Galing

Kamis, 15 Juni 2017 • 11:30

Google Bajak, Google Siap Bikin Sendiri Chipset, Google Produksi Chipset Sendiri, Google Rebut Pegawai Apple


Manu Gulati adalah bos arsitek mikro Apple yang baru-baru ini mengungkapkan telah berpindah pekerjaan ke Google melalui akun LinkedIn pribadi miliknya. Ini bisa berarti perubahan signifikan akan datang ke perangkat Pixel di tahun-tahun yang akan datang.

Dengan membajak seorang tenaga ahli dari Apple, Google sepertinya berniat ingin mengembangkan chipset sendiri atau boleh jadi tengah memikirkan sebuah cara baru untuk memperbaiki kinerja perangkat keluaran mereka. Google hingga kini belum sanggup memproduksi chipset sendiri. Produk Google Pixel yang terakhir beredar bahkan berjalan di atas chipset Snapdragon buatan Qualcomm, dan sistem otomasi  Nest besutannya juga masih menggunakan chip produksi Texas Instruments.

Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Google bahkan telah banyak membuka lowongan pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan System on Chip ini. Hingga kini ada berbagai macam posisi pekerjaan yang dibuka oleh Google seperti Hardware Engineer, Mobile SoC Architect, dan Mobile SoC Memory Architect. Dalam pengumuman lowongan pekerjaan tersebut, Google bahkan telah memaparkan deskripsi pekerjaan dari posisi yang dibuka yakni "Membantu pengembangan arsitektur SoCs smartphone dan tablet generasi mendatang".

Saat ini, Qualcomm dan Mediatek adalah penyedia utama chipset untuk smartphone. Huawei, Samsung, dan Apple juga memiliki seri SoC buatan mereka sendiri. Xiaomi bahkan menjadi pabrikan terakhir yang juga telah meluncurkan SoC buatan mereka sendiri bertajuk Pinecone S1. Mari kita tunggu saja perkembangan berita selanjutnya mengenai niatan Google untuk turut memproduksi chipset buatan sendiri di masa-masa datang. (Tary)

Sumber: GSMArena