pulsa-logo

Ssst, Foxconn akan Bangun Pabrik iPhone di AS


dian iskandar

Kamis, 15 Juni 2017 • 11:44

Apple,iPhone,pabrik iphone,,foxconn,


ilustrasiilustrasi

Selama pemilihan Presiden 2016 lalu, Donald Trump meminta Apple untuk memindahkan produksi iPhone-nya ke AmerikaSerikat guna menciptakan lapangan kerja untuk orang Amerika. Tapi Trump tidak mempertimbangkan beberapa hal. Memindahkan produksi dari negara dengan upah rendah ke negara dengan upah lebih tinggi berarti biaya produksi iPhone akan meningkat. Dan untuk menjaga margin keuntungan yang sama, harga iPhone juga akan menjadi semakin tidak terjangkau terutama bagi kondumen di Amerika.

November lalu, tepatnya seminggu setelah pemilihanPresiden AS, Apple mengatakan bahwa mereka akan mempertimbangkan untuk memindahkan beberapa produksi iPhone ke AS. Hari ini, Foxconn, perusahaan perakit iPhone, mengatakan sedang mempertimbangkan untuk membangun pabrik di Wisconsin. Selain itu Dairy State, Michigan juga dikatakan sedang dalam ‘perisapan’ untuk menjadi tuan rumah pabrik tersebut.

Dikutip dari Phonearena, kemarin, Presiden Trump mengunjungi Milwaukee dan menyebutkan bahwa sebuah perusahaan yang tidak disebutkan namanya sedang bernegosiasi dengan Pemerintah AS untuk membangun sebuah pabrik. Trump mengatakan bahwa Gubernur Wisconsin Scott Walker mungkin akan "sangat terkejut." Foxconn perakitsmartphone dan tablet untuk Apple, BlackBerry, Sony dan merek lainnya. Di Cina, perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 1 juta orang. Tom Still, presiden Dewan Teknologi Wisconsin, mengatakan bahwa tenaga kerja terampil mungkin adalah salah satu hal yang menarik Foxconn.

Ketika Apple berbicara dengan Foxconn dan Pegatron pada bulan November tentang kemungkinan membangun model iPhone di AS, kedua perusahaantersebut mengatakan bahwa perhatian utama mereka adalah menciptakan rantai pasokan yang serupa dengan yang tersedia pada produksi di China. Rupanya banyak penelitian yang dibuat menunjukkan bahwa Wisconsin memiliki apa yang diperlukan untuk membangun rantai pasokan semacam itu untuk Foxconn.( *)

Sumber: Phonearena