pulsa-logo

Meizu Jadi Satu-satunya Vendor yang Setia Gunakan Helio X30


dian iskandar

Kamis, 15 Juni 2017 • 15:18

Meizu,MEdiatek,Helio X30,Mediatek vs qualcomm,chipset mobile


ilustrasiilustrasi

Tahun lalu, MediaTek mengumumkan Helio X30 sebagai chip 10nm pertamanya. Hampir tujuh bulan kemudian dan kita belum melihat  satu pun smartphoneyang didukung oleh chip tersebut.

Hadirnya Helio X30 sedianya menggantikan Helio X20, yang menawarkan peningkatan kinerja hingga 35% dan penurunan konsumsi daya sebesar 50%. Chipset inijuga akan memiliki kinerja GPU yang lebih baik karena telah menggantikan versi GPU Mali lawas dengan kartu pengelola grafis PowerVr 7XTP-MT4.

Saat pertama kali diumumkan, ada sejumlah produsen yang mengaku telah menandatangani kontrak untuk menggunakan chip tersebut. Seperti OPPO, Vivo, Meizu, Xiaomi dan LeEco yang merupakan beberapa merekbesarsmartphone populer yang kabarnya menandatangani kontrak menggunakan chipset tersebut.Sementara perusahaan kecil lainnya seperti Vernee, Ulefone dan Doogee juga disebutkanakan menggunakan chipset yang sama.

Dari jajaran nama besartersebut, hanya Meizu yang terlihat masih tetap setia untuk menggunakanprosesor tersebut dan kabarnya akan menjalankan smartphoneandalannya yakni Meizu Pro 7yang siap untuk diperkenalkan dibulan depan. Kebanyakan vendor lainnyatelah pindah ke chip Qualcomm atau memilihuntuk menggunakan chip Helio yang lebih tuadengan alasan rasionalitas harga.

Perusahaan-perusahaan kecil seperti Ulefone, Vernee dan Doogee menganggapnya sulit karena mereka sangat bergantung pada MediaTek untuk chipset mereka. Vernee misalnya  yang mengumumkan ponsel andalan mereka, Apollo 2 di event MWC 2017 dan diluncurkan pada bulan Mei2017. Namun hinggaJuni, belum ada kabar tentang smartphone tersebut.Pabrikan ini tidak punya pilihan selain untuk menggunakan prosesor lama seperti Helio X20 atau memilih untuk menggunakan Helio X27 yang lebih baru.

Sementara itu Meizu telah mengatasi masalah hukumnya dengan Qualcomm dan memiliki hubungan baik dengan Samsung. Jika Helio X30 gagal untukmencapai hasil yangmengesankandi perangkat Meizu terbaru, maka Meizudapat menyesuaikan diri dengan menggunakan chipset garapan dari salah satu dari mereka. Varian Plus Pro 7 ini bahkan sudah dikabarkan akan diberdayakan menggunakan processorExynos 8890.

Analis Tec, Kevin Wang berbagi pendapatnya mengenai masalah ini. Sebuah postingan di Weibo menyebutkan bahwa Meizu masih tergantung pada peningkatan penggunaan platform mobile Samsung dan Qualcomm. Namun pertanyaannya adalah apakah akan ada seri X tahun depan.Yang bakal diluncurkan oleh Meizu. Dan apakah benar Meizu tetap setia menggunakan processor Helio seri X. (Nariswari)


Sumber: Gizmochina