pulsa-logo

Menangguk Cuan di Momen Lebaran


dian iskandar

Jum'at, 16 Juni 2017 • 17:00

lebaran,mudik, ponsel murah,


Lebaran sebentar lagi. Seperti biasa, momen ini  menjadi berkah bagi para penjual berbagai macam komoditas. Tak terkecuali untuk barang konsumen elektronik seperti ponsel. Penjualan ponsel pun di musim Lebaran ini akan naik signifikan.

Hal ini diamini oleh sejumlah vendor. Oppo misalnya, Lebaran ini memprediksi kenaikan penjualan antara 10-30 persen.  “Grafik penjualan akan naik seiring mendekati libur idul fitri dan THR yang diberikan perusahaan. Ini akan terjadi pada -14 sebelum lebaran. Kenaikannya antara 10 - 30%.,” kata Aryo Meidianto selaku Media Engagement  Oppo Indonesia via WhatsApp kepada PULSA.

Tandra Lianto Direktur Markting AdvanTandra Lianto Direktur Markting Advan

Advan juga demikian. Menurut Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan, penjualan produknya akan mengalami kenaikan 10-15 persen. “Kalau yang sudah-sudah (tahun lalu), peningkatan penjualan berkisar antara 10 hingga 15 persen dari kondisi normal. Karena mereka (pembeli) merasa momentum Lebaran ini adalah saat yang tepat untuk membeli gadget baru dan ada sesuatu yang baru yang bisa mereka share ke sesama teman atau keluarga,” kata Tjandra.

Produk Advan secara umum yang cukup laris adalah tablet gaming buat anak-anak. Sedangkan untuk smartphone ada Advan G1. “Untuk produk medium kita ada Advan i5e. Untuk segmen yang lebih bawah ada Advan i5c.  Sedangkan untuk tablet ada Tablet A7 A,” tambah Tjandra. Produk terlaris Advan berada pada range harga mulai dari Rp.600 ribuan hingga sejutaan.

Untuk tahun ini, lanjut dia, tidak mentargetkan yang lebih dibanding tahun sebelumnya. Ini karena sebelum Ramadhan, penjualannya stuck. Menurut Tjandra, ini terjadi di semua lini, tidak hanya smartphone saja. 

Sepinya penjualan ponsel pada bulan Mei hingga awal Juni ini juga dirasakan oleh pedagang ponsel di ITC Roxy Mas. Salah-satu penjaga toko yang ditemui PULSA pada Rabu (31/5) mengeluhkan kondisi yang tidak seperti biasanya. “Meski masih masuk tanggal muda, kondisi minggu ini tidak seperti biasanya, penjualan sepi,” kata pedagang yang tak mau disebutkan namanya.


Menurut dia, penjualan ponsel akan mulai ramai pada satu minggu sebelum Lebaran dan pada hari-H hingga satu minggu setelah Lebaran. “Mungkin banyak yang menunggu THR (tunjangan hari raya), dan biasanya hari-HLebaran hingga satu minggu ke depan penjualan akan ramai,”kata pedagang itu.

Meski begitu, suasana di ITC Roxy Mas sudah tampak meriah. Booth-booth vendor smartphone dari berbagai merek mewarnai hampir seluruh sudut dan para SPG juga promotor siap menyambut sang calon pembeli. Oppo dan vivo terlihat pling dominan diantara brand-bran lain. 

Program Lebaran dan Ramadhan

Menjelang Lebaran ini para vendor juga menyiapkan beberapa program atau promo menarik.

Program ini tentu untuk menunjang penjualan selama Ramadhan ini. Advan misalnya, punya program yang namanya Bazar Ramadhan. Memberikan Bazar buat mereka yang mau membeli smartphone maupun tablet dan ditawarkan dengan penawaran khusus.  Misalnya mendapatkan gimmick, harga spesial, maupun penawaran menarik lainnya. Penawaran ini berlaku hingga H+7. “Itu yang umum, yang khusus, ada updating aplikasi Panduan Muslim,” kata Tjandra.

Sedangkan Oppo yang baru saja mengenalkan seri F3 dan F3 Plus menawarkan potongan harga untuk seri F1s 4/64 GB dari Rp3,899 juta sekarang menjadi Rp3,599 juta. Produk Oppo yang menjadi pilihan masyarakat saat ini adalah tipe F3 dan F1s 4/64 GB. Untuk beberapa area, tipe - tipe seperti A57, A39, A37 juga banyak diincar pengguna karena faktor kesesuaian harga dan performa serta keunggulan kamera yang didapat konsumen, ujar Aryo Meidianto.

Program yang sama juga ditawarkan oleh Infinix. Beberapa tipe tertentu Infinix mendapat potongan harga s/d Rp400 ribu dan bundling paket data exclusive dari operator (XL). Manager Marketing Infinix Indonesia Eko Santoso memprediksi bahwa penjualan Infinix Lebaran ini akan mengalami lonjakan dua kali lipat dari penjualan di bulan sebelumnya. “Brand-brand lainnya juga tentunya akan memaksimalkan channel-channel promosi guna meningkatkan penjualan,” kata Eko.  Produk Infinix yang sedang hot dipasaran menurur pengakuan Eko adalah. Zero 4, Note 3pro dan S2 pro (best wefie). Infinix sendiri sedang dalam ekspansi ke area sumatera untuk pasar offlinenya

Lain halnya dengan Vivo. Pabrikan yang mengedepankan kemampuan kamera Selfie ini baru saja melansir Vivo V5s edisi khusus Ramadhan. Vivo V5s edisi khusus dibedakan dari warna yang ada yakni Pure White. Selain itu, setiap penjualan Vivo V5s Pure White akan disumbang Rp100 ribu untuk program charity.

Selain itu, setiap pembelian Vivo V5s Pure White Limited Edition ini akan mendapatkan smartphone case yang didesain oleh Marchella Febritrisia penulis buku "Generasi 90-an". Lebih lanjut, dalam meluncurkan Vivo V5s Pure White Limited Edition, Vivo menggandeng Zaskia Sungkar, Shireen Sungkar, Prilly Latuconsina dan Al Ghazali sebagai brand ambassador.

Produk baru

Nah, momen Lebaran ii juga semakin diramaikan oleh pendatang baru yakni Sharp. Brand ini sebenarnya pernah berkiprah di Indonesia namun sempat menghilang dan kini hadir kembali. Sharp merupakan brand asal Jepang yang diakuisisi oleh Foxconn. Kamis (8/6), Sharp meluncurkan dua seri sekaligus yakni seri Z2 dan M1.

Sharp M1 mengusung layar LTPS dengan bidang 5,5 inci resolusi FHD 1080p dan ditenagai oleh chipset MediaTek MT6753 octa-core 1.3GHz. Disandingkan dengan RAM sebesar 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 64GB, serta menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow.  Smartphone ini dibekali dengan kamera 13MP wide-angle, baik di depan maupun belakang. Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 2.600 mAh telah tertanam di dalamnya.

Tipe lainnya yakni Sharp Z2 memiliki layar yang sama seperti M1, namun dengan dapur pacu yang berbeda yang lebih bertenaga, yakni MediaTek MT6797 Helio X20 prosesor 10-core. Untuk memorinya, smartphone ini memiliki RAM 3GB dan ROM 32GB. Ada kamera 16MP dengan PDAF di bagian belakang, dan kamera 8MP di bagian depan. Smartpnone ini menjalankan OS Android 6.0 Marshmallow dan memiliki kapasitas baterai 3.000mAh. Sharp Z2 dibanderol dengan harga Rp3.499.000 sedangkan seri M1 lebih murah yakni Rp2.699.000.

Nah, memon Lebaran ini yang pasti Anda akan punya banyak pilihan. (*)