pulsa-logo

Sensor Sidik Jari di Layar Disebut Timbulkan Masalah Kecerahan


Fauzi

Senin, 19 Juni 2017 • 11:43

Fingerprint Sensor


Pengembangan teknologi sensor sidik jari di smartphone, menuju titik di mana panel pemindai ditanamkan di bawah layar. Bukan lagi “menumpang” pada tombol Home, atau ditempatkan pada bagian belakang bodi smartphone.

Terlepas bahwa menanamkan sensor sidik jari di bawah layar akan memberikan nilai estetis lebih, dan berpengaruh pada desain bodi, namun ada masalah yang kemudian “mengintai” jika teknologi ini dikembangkan. Waduh! Apa gerangan?

Seorang narasumber yang bekerja dalam rantai industri di Samsung mengklaim bahwa teknologi pemindai sidik jari Samsung yang ditanamkan di layar beresiko menghasilkan masalah serius terkait dengan ketidakseimbangan kecerahan layar. Di mana area yang berisi sensor terlihat lebih terang daripada layar lainnya.

Hal ini memang bisa dipahami dan memiliki alasan tertentu. Selain itu, ini adalah satu alasan yang cukup masuk akal mengapa Samsung menyerah pada pengembangan sensor sidik jari optik di layar untuk Galaxy Note 8. Rumor terbaru mengklaim bahwa teknologi ini tidak akan siap untuk produksi massal hingga awal tahun depan. Bahkan belum bisa diprediksi  apakah di tahun depan, mungkin pada waktunya untuk rilis Galaxy S9, Samsung sudah siap mengaplikasikan teknologi tersebut.

Samsung menjalani serangkaian eksperimen teknologi yang panjang, tes keamanan yang rumit dan tindakan yang dilakukan Samsung untuk mencegah masalah serius yang bakal terjadi jika teknologi  baru tersebut akan diterapkan. Tentunya Samsung tidak ingin insiden ledakan baterai pada Galaxy Note 7 terulang lagi.

Hal inilah yang kemudian menjadikan Samsung memundurkan jadwal peluncuran Galaxy Note 8. Yang sedianya Galaxy Note 8 kemungkinan akan diumumkan pada bulan September di konferensi IFA di Berlin, bukan Agustus seperti yang diprediksi sebelumnya.  Diprediksi, tambahan waktu ini diperlukan Samsung untuk memoles phablet generasi terbaru mereka  untuk mendekati kesempurnaan. Dan yang terpenting, Samsung memiliki beban berat untuk membuktikan bahwa Galaxy Note 8 harus menjadi bukti utama bahwa Samsung telah belajar dari kesalahan masa lalu.

Sumber: PhoneArena

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44