pulsa-logo

Vivo Mungkin Yang Pertama Terapkan Fingerprint Scanner on Display


Arief Burhanuddin

Senin, 19 Juni 2017 • 13:39


Vivo mungkin akan menjadi produsen smartphone pertama merilis smartphone yang dilengkapi pemindai sidik jari yang disematkan di bawah layar. Informasi ini pertama kali ditemukan oleh situs Android Authority

di situs jaringan sosial China Weibo. Di situ,  analis industri Jiutang Pan menunjukkan sebuah video pengerjaan sebuah purwarupa (prototype) smartphone yang dapat dibuka melalui pemindai sidik jari yang berada di layar. Peluncuran ini dijadwalkan akan terjadi dalam beberapa bulan mendatang, menurut analis tersebut.

Pan mengatakan, Vivo akan menjadi smartphone pertama yang menghadirkan ponsel dengan fitur ini, namun peluncurannya akan eksklusif untuk pasar China. Analis tersebut mengungkapkan bahwa Apple bisa menjadi produsen non-Cina pertama yang menawarkan fitur serupa pada iPhone 8.

Sedangkan untuk Samsung, perusahaan Korea Selatan tersebut telah mencoba memasukkan pemindai sidik jari optik di layar Galaxy S8 namun gagal dijalankan dengan benar. Sebuah laporan dari situs Korea The Investor bulan Maret mengungkapkan bahwa baik Samsung dan mitranya Synaptics tidak dapat mengembangkan teknologi tersebut tepat waktu. Hal inilah barangkali yang menjadi alasan mengapa Galaxy S8 tidak memiliki optical fingerprint scanner. Terbukti, Samsung masih belum bisa menemukan solusi untuk menambahkan sensor sidik jari langsung di layar smartphone. Laporan dari media Korea Selatan memprediksi bahwa Galaxy Note 8 yang akan diluncurkan Samsung di pameran dagang IFA di Berlin tahun ini, juga tidak akan memiliki pembaca sidik jari di layar.

Selain Vivo, dua pembuat smartphone China lainnya berencana untuk menambahkan pemindai sidik jari on display ke dalam smartphone andalan mereka yang akan datang. Huawei dan Xiaomi dikabarkan sedang berusaha menerapkan teknologi ini. Huawei  P11, yang dikabarkan akan hadir awal tahun depan, akan memiliki pemindai sidik jari di layar.

Sementara itu,  Vivo telah naik ke puncak penguasaan pasar smartphone dalam waktu singkat. Tidak hanya di China tapi juga di India. Menurut data dari International Data Corporation, pada Q1 2017, Vivo naik ke posisi kelima dengan pangsa pasar 10,5 persen sementara Samsung masih menjadi yang pertama.

sumber Indian Express


Foto: news18