pulsa-logo

Google Assistant Akan Gusur Siri di iPhone ?


Fauzi

Senin, 19 Juni 2017 • 14:14

Google Assistant


Dua raksasa teknologi, Apple dan Google, dikabarkan tengah bekerja sama dalam hal menghadirkan cara yang lebih menyenangkan dan lebih mudah bagi tiap pengguna iPhone untuk mendapatkan bantuan dari asisten virtual. Hal ini diwujudkan dengan mengizinkan pengguna iPhone memilih Asisten Google sebagai asisten virtual default mereka, menggantikan Siri yang merupakan asisten virtual besutan Apple yang selama ini hadir di iPhone.

Google Assistant saat ini bekerja di iOS adalah sebagai aplikasi pihak ketiga yang dapat dibuka dengan bebas seperti aplikasi pihak ketiga lainnya. Pengguna kemudian meminta informasi yang dia cari dari Google Asistant, lalu menutup aplikasi saat selesai.

Namun jika sumber informasi ini benar, pengguna iOS yang lebih memilih Google Assistant atas Siri akan dapat membuat perubahan yang memungkinkan Google menjadi asisten virtual default pada model iPhone generasi terbaru yang diluncurkan di 2017 yang mencakup  iPhone 7s, iPhone 7s Plus dan iPhone 8.

Pengguna iPhone mungkin ingat bahwa ketika smartphone Apple diluncurkan pertama kali, Google Maps adalah aplikasi pemetaan default di perangkat tersebut. Hingga seiring waktu, Apple mengembangkan Maps besutan mereka sendiri. Tapi narasumber tersebut tidak mengungkapkan apakah rencana Apple untuk Google Assistant tersebut akan serupa dengan hal tersebut. Yang diketahui saat ini adalah membandingkan penggunaan Google Assistant di iOS adalah mirip dengan implementasi  AI Assistant besutan Amazon yakni Alexa pada smartphone Huawei tertentu.

Pengguna handset HTC U11 di Amerika Serikat, Inggris dan Jerman akan segera memiliki kesempatan untuk menggunakan Alexa sebagai asisten pribadi mereka di smartphone kesayangan mereka, bersama dengan Google Assistant.

Untuk beberapa alasan, informasi ini adalah salah satu rumor yang sulit dipercaya. Dengan pengembangan assistant virtual yang makin canggih terutama dengan tekonologi AI (Artificial Intellegence), menjadikan setiap perusahaan yang terlibat dalam pembuatan perangkat semacam itu menggunakannya untuk mempromosikan asisten pribadi garapan mereka masing-masing. Amazon memiliki Alexa, yang mulai “membuat jalan” ke handset Android. Google telah mapan dengan Google Assistant, Microsoft gandeng Harman Kardonuntuk mengembangkan fitur Cortana, Samsung memiliki Bixby dan Apple memiliki Siri.

Dengan begitu banyak persaingan di bisnis asisten virtual yang diaplikasikan di perangkat pintar. Dan ironisnya,  dugaan Anda salah jika Anda masih berpikir bahwa Apple akan melakukan segalanya dengan menghadirkan Siri sebagai satu-satunya asisten pribadi yang tersedia untuk pengguna iPhone secara default. Karena kini pengguna iPhone telah diberikan pilihan untuk menggunakan Google Assistant. Meski langkah sangat berani Apple tersebut dapat mendatangkan bencana bagi Apple sendiri.


Sumber: PhoneArena & AndroidGuys