pulsa-logo

Susul Apple dkk, Google Siap Bikin Chip Prosesor Sendiri Buat Pixel ?


Fauzi

Senin, 19 Juni 2017 • 14:44

Google Pixel


Sepertinya Google memiliki rencana besar untuk smartphone Pixel generasi berikutnya. Salah satunya adalah terkait dengan rencana Google yang akan memproduksi chipset sendiri dan akan dijalankan di smartphone Pixel generasi masa depan. Lalu mengapa Google melakukan strategi seperti ini?

Sederhana, karena kompetitor juga lebih dulu melakukannya. Apple melakukannya, begitu pula Samsung, Huawei, dan Xiaomi dan segera Google juga akan melakukannya. Paling tidak menurut sebuah informasi terbaru yang dilansir dari Variety, menyebutkan bahwa raksasa teknologi yang berbasis di Mountain View tersebut ingin memulai debut membuat chip khusus untuk produk Pixel masa depannya.

Anda tahu, Google baru saja mempekerjakan Manu Gulati, seorang arsitek mikro Apple yang disebut-sebut sebagai salah satu penemu dalam total 15 paten terkait chip yang diajukan oleh Apple. Dia adalah seorang karyawan Apple yang tergolong cukup loyal, yang mengabdi antara tahun 2009 dan 2017. Peran Manu cukup besar dalam membantu merancang chip yang dijalankan di banyak produk Apple seperti iPhone, iPad, dan Apple TV. Manu Gulati secara terbuka mengkonfirmasi peran barunya sebagai Arsitek SoC Leader  di Google dengan memperbarui profil Linkedin awal minggu ini.

Meskipun dengan merekrut Manu Gulati belum tentu mengindikasikan Google akan mulai membuat chip khusus untuk ponsel Pixel yang akan datang, namun seorang narasumber di rantai  industri  Google yang berbicara dengan Variety tampaknya menguatkan hipotesis ini.

Keputusan untuk memulai pembuatan prosesor in-house akan menjadi solusi utama bagi Google, terutama karena selama ini rakasasa internet selalu mengandalkan chip pihak ketiga untuk produknya di masa lalu. Kini Google nampaknya menuju ke arah tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh beberapa lowongan kerja terbaru untuk arsitek SoC mobile, arsitek CPU SoC mobile, dan arsitek memori SoC mobile.

Langkah ini tentu akan memiliki implikasi penting untuk perangkat Google masa depan, karena membuat chip sendiri dapat memberikan Google lebih banyak kendali atas perangkat kerasnya, serta kesempatan untuk mengoptimalkan platform dengan lebih baik untuk menangani berbagai fitur seperti VR, AR, atau fitur audio visual.

Dan ini bukan pertama kalinya kami mendengar niat Google untuk mulai mengembangkan prosesornya sendiri. Kembali di tahun 2015, sebuah media teknologi  The Information mengungkapkan bahwa raksasa teknologi tersebut sebenarnya sudah memulai menjajaki  niat tersebut.


Jika kabar ini benar, sangat tidak mungkin kita akan melihat chipset khusus Google memulai debut di perangkat Pixel next-gen yang dijadwalkan akan dirilis pada musim gugur ini, karena hingga kini Google pun belum memulai produksi SoC.

Sumber: AndroidGuys