pulsa-logo

Susul LG dan Samsung, Sony cs Siap Adopsi Layar dengan Rasio 18:9


Fauzi

Selasa, 20 Juni 2017 • 10:12

Aspek Rasio 18:9


Japan Display (JDI), mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi massal layar 6 inci dengan aspek rasio 18: 9 dan resolusi cukup tinggi yakni 1440 x 2560 piksel. JDI menyebut bahwa layar ini adalah LCD Full Active, yang menggunakan teknologi kepadatan tinggi yang memungkinkan bezel layar bagian bawah bisa setipis tiga sisi lainnya.

Layarnya dilengkapi dengan teknologi Pixel Eyes generasi kedua yang memungkinkan layar untuk menampilkan warna hitam lebih pekat dan lebih gelap. Selain itu, pengguna dengan jari basah akan dapat dengan mudah menavigasi layar. Yang terakhir ini penting di era handset tahan air saat ini.

Karena Sony sering menggunakan JDI sebagai pemasok utama layarnya, maka kami tidak akan terkejut melihat jenis layar terbaru ini akan digunakan pada model smartphone Sony Xperia andalan Sony generasi terbaru. Toh, Sony adalah satu dari tiga perusahaan besar yang merupakan bagian dari usaha patungan JDI. Dua lainnya adalah Hitachi dan Toshiba.

Selain itu, aspek rasio layar 18: 9 mungkin adalah rasio layar yang cocok dan pas dalam penggunaan handset andalan 2017-2018 yang akan dikembangkan oleh Sony. Terlebih, dua kompetitornya yakni LG dan Samsung juga menggunakan aspek rasio layar yang sama. Kedua perusahaan ini mengikuti aspek rasio 18: 9 pada smartphone andalan baru mereka ketimbang menggunakan aspek rasio 16: 9 yang sebelumnya digunakan.

Ada beberapa pertimbangan mengapa vendor smartphone kekinian lebih memilih aspek rasio layar 18: 9, salah satunya adalah bahwa rasio layar ini sangat bagus untuk melihat video karena mengurangi ukuran batas hitam yang terdapat di bagian atas dan bawah layar saat menonton film dan video. Meski tidak ada jaminan bahwa model andalan Xperia selanjutnya akan menggunakan layar jenis ini, nampaknya indikasi bahwa Sony akan menggunakan jenis layar terbaru JDI ini kemungkinan adalah benar.

Sumber: PhoneArena